Mensesneg Pratikno Dampingi Pemakaman Jenazah Ibunda Jokowi di Solo

Mensesneg Pratikno Dampingi Pemakaman Jenazah Ibunda Jokowi di Solo

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Juru Bicara Presiden Joko "Jokowi" Widodo,Fadjroel Rachmanmengatakan...

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Presiden Joko "Jokowi" Widodo,Fadjroel Rachman, mengatakan pemakaman jenazah Ibunda Presiden, Sujiatmi Notomiharjo akan dilaksanakan secara internal pada Kamis (26/3).

Anggota Kabinet Indonesia Maju beserta jajaran diperintahkan tetap bekerja di Jakarta dan fokus pada tugas masing-masing. Fadjroel mengatakan, hanya dua anggota kabinet yang berangkat ke Solo untuk melayat.

"Untuk mendampingi Presiden Joko Widodo adalah Mensesneg Pratikno dan Seskab Pramono Anung," kata dia saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (25/3) malam.

1. Jusuf Kalla kenang dukungan ibunda Jokowi saat Pilpres

Mensesneg Pratikno Dampingi Pemakaman Jenazah Ibunda Jokowi di SoloMantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. (Humas dan Protokol UMY)

Sementara, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla turut berbela sungkawa atas meninggalnya almarhum Sujiatmi Notomiharjo. Pria yang lebih akrab disapa JK itu teringat ketika masih mendampingi Jokowi, almarhum selalu memberikan dukungan kepada anak-anaknya.

"Malah waktu awal kampanye saja Beliau yang hadir untuk mendukung, mendoakan Jokowi walaupun tidak muncul di publik. Itu adalah seorang Ibunda yang luar biasa," ujar dia dalam siaran langsung Kompas TV, Rabu (25/3).

Notomiharjo, menurut JK, memiliki sifat kekeluargaan yang tinggi. Hal itu dibuktikan dari kedekatan dengan istrinya, Mufidah Jusuf Kalla.

"Beliau sangat dekat dengan istri saya. Ya itu doa ibu saya kira. Tapi bagaimana takdir Allah mendoakan selalu khusnul khotimah," kata dia.

2. JK tidak akan melayat ke Solo

Mensesneg Pratikno Dampingi Pemakaman Jenazah Ibunda Jokowi di SoloIbunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, JK menuturkan, dirinya tidak akan datang ke Solo untuk melayat Notomiharjo. Hal ini karena, imbauan pemerintah untuk tetap di rumah guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19.

"Pak Jokowi walaupun dalam situasi dalam keadaan seperti ini, tapi tetap menjaga konsekuensi bahwa pemimpin harus menjaga masyarakat juga secara keseluruhan. Bahwa doa dapat dipanjatkan dimana saja," uja dia.

3. Ibunda Jokowi dimakamkan besok siang

Mensesneg Pratikno Dampingi Pemakaman Jenazah Ibunda Jokowi di SoloPresiden Jokowi umumkan kabar kematian sang Ibu. IDN Times/Larasati Rey)

Perihal pemakaman ibundanya, Jokowi mengatakan, pemerintah akan dilakukan Kamis (24/3) besok siang.

"Rencana pemakaman InsyaAllah besok jam 1 siang. Di pemakaman di Mundu Selokaton Gondangrejo Karanganyar," kata Jokowi di rumah duka.

Menurut Jokowi, sang ibunda telah mengidap kanker selama empat tahun.

"Tadi sore pada jam 16.45 WIB, berpulang ke hadirat Allah SWT, ibunda kami, ibu Sudjiatmi notomiharjo yang saya tahu bahwa Ibu ini sudah 4 tahun mengidap sakit yaitu kanker," ujar dia.

Jokowi mengatakan, sang ibunda sudah pernah berobat ke RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Namun, kata dia, takdir memang sudah berkehendak demikian.

"Tetapi memang Allah sudah menghendaki. Atas nama keluarga besar saya ingin memohonkan doa agar segala dosa-dosanya diampuni Allah SWT dan khusnul khotimah. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan. Terima kasih," tutur dia.

Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo meninggal pada usia 77 tahun, akibat kanker yang dideritanya selama empat tahun ini. Dia meninggal di Rumah Sakit DKT Slamet Riyadi Surakarta, Solo, Jawa Tengah, pada Rabu (25/3) pukul 16.45 WIB.

Sudjiatmi Notomiharjo lahir di Surakarta 15 Februari 1943. Almarhum menikah dengan Widjiatno Notomihardjo dan meninggalkan empat anak yakni Presiden Jokowi, Lit Sriyantini, Titik Relawati, dan Ida Yati.

https://www.youtube.com/embed/eFLpdE7HfWQ