Menko PMK: Guru PAUD Berperan Strategis Tanamkan Nilai-nilai kepada Anak-anak

Menko PMK: Guru PAUD Berperan Strategis Tanamkan Nilai-nilai kepada Anak-anak

Terbaiknews - Penyusun Program Fasilitasi Pendidikan Direktorat Pendidikan Keluarga PAUD Dikmas KemendikbudEmmi Dhamayanti memberikan penyuluhan pada Sosialisasi Pendampingan Pencegahan Narkoba dan Tindakan Kekerasan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota BandungJalan Makam CaringinKota BandungJawa BaratRabu (25/9/2019). Kegiatan yang diikuti puluhan pelajarkader PKKkarang tarunadan instansi kelurahan itu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pendidiktenaga kependidikanorang tuadan peserta didik di satuan pendidikan penerima bantuan terkait isu pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDSpenyalahgunaan narkobapornografidan tindak kekerasan. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menilai guru pendidikan anak usia dini (PAUD) memiliki peran yang sangat penting dalam penanaman nilai terhadap anak-anak.

Menurut Muhadjir, penanaman nilai merupakan hal yang sangat penting diberikan untuk anak-anak sejak usia dini.

"Penanaman nilai-nilai, baik nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai keagamaan, dan nilai-nilai sosial, nilai-nilai kepribadian itu harus sudah ditanamkan sejak dini yaitu pada saat anak-anak usia dini, dan itu tanggung jawab dari PAUD," ujar Muhadjir dalam sambutannya pada acara Peringatan Hari Anak Nasional yang digelar Kowani secara daring, Selasa (4/8/2020).

Penanaman nilai tersebut, menurut Muhadjir dapat terkait dengan beberapa tema besar.

Muhadjir mengatakan tema besar tersebut berupa penanaman semangat persatuan dan kesatuan, toleransi dan menghargai perbedaan, keleluasan untuk berekspresi, serta kemerdekaan untuk belajar.

"Penanaman itu terbimbing dengan baik oleh para gurunya itu menjadi mutlak," kata Muhadjir.

Menurutnya, guru memiliki tanggung jawab yang besar dalam penanaman nilai ini. Dirinya menilai perbaikan akan sulit jika penanaman nilai telah salah sejak dini.

"Kalau penanaman nilai-nilai karakter pada usia dini ini salah arah dan itu yang paling bertanggung jawab adalag guru PAUD. Maka kita akan sulit sekali untuk merekonstruksi atau memoles kembali ketika anak itu sudah masuk ke jenjang yang lebih tinggi," ucap Muhadjir.

Meski begitu, Muhadjir mengatakan orang tua memiliki peran yang jauh lebih penting karena guru PAUD hanya dapat memberikan pengaruh sebanyak 25 persen. Sementara 75 persen sisanya merupakan peran orang tua.