Menkes Budi Minta Bantuan Ibu-Ibu Tekan Penularan COVID-19

Menkes Budi Minta Bantuan Ibu-Ibu Tekan Penularan COVID-19

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikinmeminta bantuan kepada ibu-ibu...

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, meminta bantuan kepada ibu-ibu dalammengatasi pandemik COVID-19. Mereka dinilai memiliki peran penting dalam mengurangi laju penularan virus SARS-CoV-2.

“Ada dua pesan saya, yang pertama mendisiplinkan keluarga, disiplinkan masyarakat, disiplinkan tetangga untuk rajin mencuci tangan dan menghindari kerumunan,” kata Budi dalam siaran tertulis dikutip laman resmi Kemenkes, Senin (1/2/2021).

1. Ibu-ibu bisa mengurangi penyebaran COVID-19

Menkes Budi Minta Bantuan Ibu-Ibu Tekan Penularan COVID-19Ilustrasi swab test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Budi pun berharap ibu-ibu bisa mengurangi laju penularan virus COVID-19 dengan melakukan identifikasi cepat di lingkungannya. Mereka bisa mengecek siapa saja yang pernah kontak langsung dengan pasien positif COVID-19, dan cepat melakukan isolasi.

Begitu ditemukan orang positif COVID-19 diharapkan orang terdekatnya tidak merasa terganggu, dan sesudah menemukan orang konfirmasi positif diharapkan mereka bisa diisolasi dengan maksimal.

“Butuh bantuan ibu-ibu untuk memastikan bahwa masyarakat bisa menerima dan membantu karantina mereka. Yang penting virus tidak terekspos ke keluarga-keluarga yang lain agar penularannya bisa kita cegah,” ujar Budi.

2. Saling memantau kondisi setiap anggota keluarga

Menkes Budi Minta Bantuan Ibu-Ibu Tekan Penularan COVID-19Ilustrasi Keluarga (IDN Times/Mardya Shakti)

Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Kesehatan Ida Budi Gunadi Sadikin menambahkan, keluarga merupakan wadah berkumpulnya anggota maupun unit terkecil di masyarakat.

Dalam fungsinya, keluarga dapat saling memantau kondisi setiap anggota keluarga untuk mengetahui jika ada yang bergejala terpapar COVID-19 atau tidak.

3. Berikan informasi yang benar bagi masyarakat

Menkes Budi Minta Bantuan Ibu-Ibu Tekan Penularan COVID-19Tim penggerak PKK Provinsi Jambi memberi bantuan kepada masyarakat Jambi/IDN Times/Dokumentasi Humas dan Protokol Provinsi Jambi

Peranan penting lainnya, lanjut Ida, adalah memberikan informasi yang benar bagi masyarakat khususnya pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Ia mengaku selama ini telah bermitra dengan pemerintah setempat dalam memberikan edukasi kesehatan sampai di akar rumput.

“Ibu rumah tangga maupun sebagai anggota organisasi kemasyarakatan, khususnya organisasi kewanitaan, memiliki peran dan berkewajiban melindungi diri dan anggota lainnya sebagai pemantau, pengingat serta contoh teladan pembudayaan menerapkan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) dan 3M (Menjaga jarak, Memakai masker, Mencuci tangan) agar terhindar dari penularan COVID-19,” tutur Istri Menkes Budi tersebut.

Berita dengan kategori