Masyarakat Wajib Cuci Tangan Pakai Sabun Sebelum Wudhu

Masyarakat Wajib Cuci Tangan Pakai Sabun Sebelum Wudhu

Terbaiknews - ILUSTRASI. Ada baiknya mengambil wudhu setelah mencuci tangan dengan sabun. (USA Today)

– Kini, menerapkan protokol kesehatan di tengah Pandemi Covid-19 memang tak bsa ditawar lagi. Setiap orang diwajibkan melindungi dirinya dengan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan menjaga jarak.

Terkait dengan mencuci tangan, masyarakat diharapkan bisa melakukannya dengan rutin. Terlebih jika seusai berkegiatan dan ingin menyentuh muka. Seperti ketika berwudhu. Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengatakan, ada baiknya mengambil wudhu setelah mencuci tangan dengan sabun.

“Minimal harus harus sudah tercuci terlebih dahulu, kadang kan ada orang ya, orang itu wudhu tapi ambil air wudhu itu tangannya kotor, kemana-mana pegang apa-apa ambil air wudhu itu mestinya dicuci dulu,” ungkap dia beberapa waktu lalu.

Kata dia, hal-hal kecil seperti itu lah yang juga harus menjadi perhatian masyarakat. Jangan melakukan kontak dengan mata, hidung mulut sebelum tangan steril. “Yang kecil-kecil seperti itu memang penting untuk diperhatikan yang kecil-kecil, tidak hanya 3M,” jelasnya.

Jika kalian terinfeksi virus tersebut, orang yang ada di lingkungan kalian pun juga berpotensi mengalami hal yang sama. Jadi ingat pesan ibu untuk selalu patuhi 3M.

Saksikan video menarik berikut ini: