Masih 17 Tahun, Belum Punya Ranking Dunia, Mampu Lolos ke Semifinal

Masih 17 Tahun, Belum Punya Ranking Dunia, Mampu Lolos ke Semifinal

Terbaiknews - Saifi Rizka Nur Hidayah berhasil lolos ke semifinal Mola TV PBSI Home Tournament 2020. (Nafielah Mahmudah/PP PBSI)

JawaPos.com-Lewat sebuah pertarungan yang melelahkan, Saifi Rizka Nur Hidayah melaju ke semifinal Mola TV PBSI Home Tournament 2020. Pada perempat final di lapangan pelatnas PP PBSI Cipayung, Jakarta Timur sore ini (23/7) dia mengalahkan sesama pemain junior Komang Ayu Cahya Dewi.

Saifi menang dalam rubber game dengan skor 21-14, 20-22, dan 21-14.

Pada game pertama, Saifi memimpin dengan skor 11-9. Dia lalu menjauh dalam posisi 16-11, 18-11, dan menutup game pertama dengan keunggulan 21-14.

Pada game kedua, Saifi juga melaju dan memimpin pada angka 12-8. Tetapi Komang tak menyerah. Dia berhasil bangkit untuk menyamakan kedudukan menjadi 14-14.

Laga menjadi seru dalam kondisi sama kuat 16-16 dan 17-17. Saifi mencetak dua angka dan lalu menjauh pada posisi 19-17. Saifi mencapai match point karena unggul 20-18. Hal ini terjadi akibat pengembalian Komang yang tersangkut di net.

Sikap yang terburu-buru dan terlalu bernafsu membuat Saifi kehilangan empat angka beruntun! Komang membalikkan kedudukan, memimpin, dan memenangkan game kedua dengan skor 22-20.

“Set kedua banyak keatur dan buru-buru matiin,” kata Saifi dalam wawancara pinggir lapangan dengan Mola TV.

Pada game penentuan, Saifi unggul dengan skor 10-6, lalu 13-8, dan 15-10. Sebuah bola net pendek, membuat Saifi mencapai match point dalam kondisi 20-14. Dan pada akhirnya, dorongan bola Komang yang keluar, membuat Saifi menang dengan skor nyaman 21-14.

“Target semifinal ini adalah kejutan bagi saya,” ucap Saifi.

Saifi lolos ke perempat final dengan berstatus runner-up Grup O. Kalah dari unggulan ketiga Ruselli Hartawan pada laga pertama, Saifi bangkit untuk mengalahkan unggulan ketujuh Stephanie Widjaja dan Tasya Farahnailah.

Dua kemenangan itu membuat Saifi menjadi juara Grup O.

Sementara itu, Komang adalah juara Grup P. Dia menyapu bersih tiga kemenangan. Yakni mengalahkan unggulan kedua Fitriani, unggulan kedelapan Aisyah Sativa Fatetani, dan menundukkan Nandini Putri Arumni (mundur pada game kedua).

Kedua pemain sama-sama berusia 17 tahun. Bedanya, Komang berada di ranking 588 dunia, sedangkan Saifi belum punya peringkat dunia.

Pada semifinal besok, Saifi akan berhadapan dengan unggulan nomor satu Gregoria Mariska Tunjung. “Dia lebih senior dan bola-bolanya lebih matang. Kakinya harus siap dan langsung panas. Lawan senior sih harus lebih lepas,” kata Saifi.