Masa Kanak-Kanan Adalah Masa Bermain, Anak Butuh Banyak Stimulus

Masa Kanak-Kanan Adalah Masa Bermain, Anak Butuh Banyak Stimulus

Terbaiknews - Ilustrasi anak mewarnai gambar (Fedrik Tarigan/JawaPos.com)

JAKARTA – Psikolog perkembangan Universitas Gadjah Mada (UGM) Aisah Indati mengatakan masa keemasan (golden period) dalam perkembangan seseorang adalah di masa kanak-kanak. Dia lantas menegaskan masa kanak-kanak itu adalah masa bermain.

Indati mengatakan pada keemasan tersebut, anak-anak membutuhkan sejumlah stimulasi dari lingkungan sekitar. ’’Supaya anak-anak mengalami perkembangan yang optimal,’’ katanya dalam diskusi di sela peluncuran produk Creative Art Series Faber-Castell secara virtual di Jakarta (18/11).

Menurut dia perkembangan yang optimal akan tercapai apabila anak memperoleh stimulasi yang bervariasi. Seperti stimulasi yang bersifat motorik, emosi, sosial, dan pengamatan. Menurut dia produk yang baru diluncurkan Faber-Castell merupakan salah satu media yang cocok digunakan anak-anak usia pra sekolah sampai usia sekolah dasar.

’’Produk itu dapat menstimulasi perkembangan anak. Dalam hal ini pengamatan, emosional, sosial, serta motorik halus,’’ jelasnya. Indati mengatakan stimulus emosi dan sosial diantaranya dilakukan dengan proses mencampur berbagai macam warna.

Kegiatan mencampur warna menurut dia dapat mengasah kepekaan emosi yang melibatkan kreativitas dan inisiatif. Selain itu juga menumbuhkan interaksi sosial anak. Sedangkan untuk stimulasi motorik halus diperoleh ketika dia menggunakan media pewarna, kertas origami, dan sejenisnya. (*)

Saksikan video menarik berikut ini: