Ma’ruf Prihatin, Mayoritas Subsidi LPG Justru Dinikmati Orang Kaya

Ma’ruf Prihatin, Mayoritas Subsidi LPG Justru Dinikmati Orang Kaya

Terbaiknews - Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Humas Setwapres)

– Wakil Presiden Ma’ruf Amin melihat hingga saat ini masih terjadi salah sasaran penyaluran subsidi gas cair atau liquified petroleum gas (LPG). Menurutnya, sebagian besar subsidi LPG justru dinikmati oleh kelompok masyarakat mampu.

Ma’ruf menyebutkan, 65 persen subsidi LPG dinikmati orang mampu. Sedangkan sisanya baru dinikmati masyarakat miskin dan rentan miskin.

“Tentu ini ironis, karena alokasi subsidi LPG jumlahnya sangat besar dan cenderung meningkat,” kata Wapres Ma’ruf dalam orasi ilmiahnya pada Dies Natalis V dan Lustrum I Universitas Pertamina Tahun 2020 secara daring, Senin (1/2).

Pemerintah telah meningkatkan anggaran subsidi LPG hingga mencapai Rp 54 triliun dan menyediakan 7,5 metrik ton LPG untuk masyarakat. “Tetapi, masih terdapat lebih dari 12,51 juta rumah tangga miskin dan rentan di Indonesia yang memasak menggunakan kayu bakar,” ujarnya dikutip dari Antara.

Guna meminimalkan ketidaktepatan penyaluran subsidi tersebut, Ma’ruf meminta jajaran kementerian terkait untuk menetapkan kebijakan yang memihak pada masyarakat rentan dan miskin. Dia juga meminta kementerian terkait untuk mengkaji kebijakan subsidi energi agar dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat serta mampu mendorong penghematan anggaran.

“Selaku Ketua Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), saya telah meminta agar kebijakan energi juga harus berpihak kepada masyarakat miskin dan rentan untuk mendorong keadilan terhadap akses energi dan pada akhirnya mendorong ketahanan energi nasional,” pungkasnya.

Berita dengan kategori