Malaysia Lewat, Produksi Sepatu RI Lebih Diakui Dunia

Malaysia Lewat, Produksi Sepatu RI Lebih Diakui Dunia

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Indonesia memiliki banyak pabrik alas kaki yang memproduksi sepatu untuk...

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia memiliki banyak pabrik alas kaki yang memproduksi sepatu untuk brand-brand kenamaan dunia seperti Nike, Adidas hingga Puma. Namun, hal ini tidak bisa diikuti oleh negara tetangga Malaysia. Pesaing Indonesia untuk industri ini berasal dari negara Asia Tenggara lainnya.

"Malaysia bukan pesaing kita untuk sport shoes.Sport shoes pesaing utama kita China, Vietnam, mungkin sekarang masuk Kamboja, Bangladesh, kita juga harus hati-hati dengan Afrika yang secara geografis dekat dengan Eropa," kata Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakrie kepada CNBC Indonesia, Kamis (27/1/2021).

Gaung Malaysia dalam kancah produksi sepatu brand-brand kenamaan dunia memang belum begitu terdengar. Namun, jika membandingkan dengan Vietnam maka persaingan bakal sengit. Padahal, pada tahun 2000an awal, industri alas kaki Indonesia masih jauh di atas negara tersebut.


Kini, Indonesia harus bersaing lebih keras dengan negara tersebut, karena masing-masing brand memiliki pusat atau hub dari perdagangan sepatu di Asia. Kualitas produksi sepatu Indonesia harus lebih baik demi menjadi pilihan utama.

"Dari Asia sebut misal Singapura, dikonsolidasikan di Singapura, kemudian ketika ada order ke Eropa mereka kirim ke Eropa dimana demand berdasar negara setempat. Misalnya satu negara butuh produk ini dengan harga segini sekian banyak, itu yang putuskan distributor yang ada di negara hub," kata Firman.

Produk yang menjadi favorit di satu negara belum tentu akan sama dengan negara lainnya. "Jadi tidak semua produk di Eropa laku, di Indonesia belum tentu laku, atau mungkin di Thailand atau negara lain," paparnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)