Mahfud MD Ajak Masyarakat Salat Idul Fitri di Rumah dan Halal bi Halal Virtual

Mahfud MD Ajak Masyarakat Salat Idul Fitri di Rumah dan Halal bi Halal Virtual

Terbaiknews - Menko Polhukam Mahfud MD menjalani rapat melalui video conference yang terhubung langsung dengan Presiden Joko Widodo.(Kemeko Polhukam) 

, JAKARTA - Menteri Kordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengajak seluruh masyarakat untuk nenunaikan salat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah di rumah.

Selain itu ia juga mengajak masyarakat agar melaksanakan halal bi halal dan silaturahmi dengan sanak keluarga secara virtual.

Namun jika sangat terpaksa masyarakat boleh melaksanakan halal bi halal dan silaturahmi dengan sanak keluarga yang jumlahnya terbatas.

"Dalam suasana pandemi covid 19 ini, mari kita laksanakan salat Ied dan berhalal bi halal di rumah dengan jumlah orang yang terbatas," kata Mahfud dalam video yang diterima dari Tim Humas Kemenko Polhukam pada Jumat (22/5/2020).

Mahfud mengatakan pemerintah menganjurkan hal tersebut setelah membaca seruan-seruan dari lembaga keagamaan seperti Majelis Ulama, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah dan organisasi keagamaan Islam lainnya.

Mahfud mengatakan anjuran tersebut bukan hanya ada di Indonesia melainkan juga di negara lain.

"Bahkan mesjid suci yang ada di Mekah dan Madinah yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabwai juga ditutup demi menyelamatkam kaum muslimin dari penularan covid-19," kata Mahfud.

Rencananya hari ini, Jumat (22/5/2020), pemerintah akan menggelar Sidang Isbat untuk menetapkan hari jatuhnya 1 Syawal di Indonesia sebagai pertanda Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.