Lowongan Kerja, Dicari 500 Nakes untuk Ditempatkan di 100 Puskesmas

Lowongan Kerja, Dicari 500 Nakes untuk Ditempatkan di 100 Puskesmas

Terbaiknews - BandungIDN Times - Guna memperkuat respons dan pelayanan puskesmas terhadap COVID-19,Pemerintah...

Bandung, IDN Times - Guna memperkuat respons dan pelayanan puskesmas terhadap COVID-19,Pemerintah Provinsi Jawa Barat membuka lowongan kerja untuk tenaga kesehatan (nakes) yang akan berkecimpung dalam program PUSPA (Puskesmas Terpadu dan Juara).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, program yang merupakan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Center for Indonesia's Strategic Development Initiatives (CISDI) ini akan merekrut 500 tenaga kesehatan.

Dari jumlah lowongan yang terbuka itu, 300 untuk publik dan 200 untuk penguatan tenaga eksisting di puskesmas yang ditunjuk sebagai Field Officer.

"Program PUSPA bertujuan untuk memperkuat upaya deteksi, lacak kasus, edukasi publik terkait 3M, menyiapkan vaksinasi COVID-19 hingga memastikan pemenuhan layanan kesehatan esensial di 100 puskesmas," ujar Ridwan Kamil dikutip dalam unggahannya di akun Instagram pribadinya, Kamis (28/1/2021).

1. Tenaga kesehatan yang baru akan ditempatkan di 100 puskesmas di 12 kabupaten/kota

Lowongan Kerja, Dicari 500 Nakes untuk Ditempatkan di 100 PuskesmasPetugas medis memberikan penanganan kepada seorang pasien yang mengalami reaksi saat simulasi pemberian vaksin COVID-19 Sinovac di Puskesmas Kelurahan Cilincing I, Jakarta, Selasa (12/1/2021) (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil menuturkan, nantinya para tenaga kesehatan yang lolos akan ditempatkan di 100 puskesmas yang ada di 12 wilayah Jabar.

Berikut 12 daerah yang ditetapkan berdasarkan laman Jabarprov.go.id:

1. Kabupaten Bandung
2. Kabupaten Bandung Barat
3. Kabupaten Bekasi
4. Kabupaten Bogor
5. Kabupaten Karawang
6. Kabupaten Sumedang
7. Kota Bandung
8. Kota Bekasi
9. Kota Bogor
10. Kota Cimahi
11. Kota Depok
12. Kota Tasikmalaya

2. Ini tugas dan tanggung jawab tenaga medis yang lulus rekrutmen

Lowongan Kerja, Dicari 500 Nakes untuk Ditempatkan di 100 PuskesmasIlustrasi Tenaga Medis. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Bagi mereka yang berhasil lolos dalam program PUSPA, diwajibkan untuk meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan dan kader/relawan di puskesmas. Kemudian wajib mengomunikasikan risiko dan perubahan perilaku melalui promosi kesehatan berbasis komunitas

"Meningkatkan kegiatan surveilans COVID-19 dan mengaktifkan surveilans Berbasis Masyarakat (SBM), serta meningkatkan kapasitas tes untuk mencapai target 1/1.000 penduduk per-minggu," ujar Emil.

Di sisi lain, mereka harus mendukung kesiapan tempat pusat isolasi berbasis komunitas di level puskesmas. Juga wajib mendukung program vaksinasi COVID-19 dan mempertahankan layanan kesehatan esensial.

3. Manfaat yang didapat bagi yang lolos rekrutmen

Lowongan Kerja, Dicari 500 Nakes untuk Ditempatkan di 100 PuskesmasIDN Times/Instagram.Ridwan Kamil

Bagi yang dipercaya ikut ambil bagian dalam penanganan COVID-19 di rumah sakit, maka Pemprov Jabar akan memberikan dukungan pelatihan dan peningkatan kapasitas tersertifikasi. Tak hanya itu, juga bisa mendapat perlindungan asuransi kesehatan, asuransi ketenagakerjaan, hingga asuransi jiwa.

"Pemprov Jabar juga akan memberikan insentif komprehensif, di luar pemenuhan APD (alat perlindungan diri) yang lengkap untuk implementasinya," pungkas Emil.