Lepas Baju, 13 Pengurus PAC Gerindra di Tuban Mundur

Lepas Baju, 13 Pengurus PAC Gerindra di Tuban Mundur

Terbaiknews - TubanIDN Times - Sebanyak 13 pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Partai Gerindra di Kabupaten...

Tuban, IDN Times - Sebanyak 13 pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Partai Gerindra di Kabupaten Tuban memilih mengundurkan diri. Pengunduran diri ini dilakukan setelah adanya pergantian Ketua DPC Partai Gerindra Tuban, Tri Astuti kepada Harry Susanto. Pengunduran sendiri ditandai dengan pelepasan atribut baju partai, Kamis (28/1/2021), sore.

1. Mereka menganggap ketua baru bukan asli kader partai

Lepas Baju, 13 Pengurus PAC Gerindra di Tuban MundurKader Partai Gerindra Tuban mundur dari partai. IDN Times/Imron

Ketua PAC Partai Gerindra Bangilan, Mu’asyim mengatakan, pengunduran pengurus 13 PAC merupakan bentuk kekecewaan terhadap partai karena telah menunjuk Harry Susanto. Mereka menganggap Harry bukan merupakan asli kader partai.

"Yang pasti penunjuk Harry sebagai ketua yang baru bukan dari unsur kader alias impor, tidak jelas siapa itu," kata Mu’asyim sambil melepaskan baju partai yang dikenakan.

2. PAC anggap proses pemilihan ketua tidak dilakukan secara demokratis

Lepas Baju, 13 Pengurus PAC Gerindra di Tuban MundurGerindra.com

Mu’asyim juga menilai proses keluarnya SK ketua baru tidak dilakukan secara demokratis dan cenderung tiba-tiba. Harry Susanto sendiri, lanjut Mu’asyim, ditunjuk sebagai Ketua DPC Partai Gerindra Tuban berdasarkan Surat Keputusan (SK) partai nomor: 11-0817/Ktps/DPP-GERINDRA/2020.

"Harry Susanto, itu belum mempunyai kontribusi dan jasa yang besar terhadap partai Gerindra," ungkapnya.

Adapun 13 PAC yang mundur menjadi pengurus partai yakni, Kecamatan Palang, Plumpang, Widang, Soko, Grabagan, Rengel, dan Semanding. Kemudian, Kecamatan Tuban Kota, Merakurak, Kerek, Bangilan, Bancar, dan Tambakboyo.

"Kita telah sepakat mundur, dan surat pengunduran diri akan kita sampaikan ke DPC hingga pusat. Dan kami juga berharap agar pengurus partai ditingkat pusat agar bisa turun ke bawah menyelesaikan persoalan ini," ujar Mu'asyim.

3. Sekretaris DPC Gerindra Tuban mengaku belum tahu 13 PAC mengundurkan diri

Lepas Baju, 13 Pengurus PAC Gerindra di Tuban MundurKader Partai Gerindra Tuban mundur dari partai. IDN Times/Imron

Sementara itu dihubungi terpisah, Sekretaris DPC Partai Gerindra Tuban, Luthfi Firmansyah mengaku belum tahu adanya 13 PAC yang mengundurkan diri.

"Mereka (13 PAC) belum menyampaikan hal itu kepada kami. Meski begitu, kami akan tetap mendengarkan aspirasi dari mereka," kata dia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.