Kurangi Penggunaan AC, Peneliti Kembangkan Cat Khusus Untuk Ruangan

Kurangi Penggunaan AC, Peneliti Kembangkan Cat Khusus Untuk Ruangan

Terbaiknews - EKSPERIMEN: Para peneliti dari Purdue UniversityXiulin Ruan (kiri) dan Joseph Peoples menggunakan kamera infa merah untuk membandingkan efek pendingingan dari cat putih. (Jared Pike/Purdue University Photo)

– Warna yang kita pilih untuk mengecat suatu ruangan, rumah, atau bangunan lebih dari sekedar mengubah tampilannya. Warna dapat memengaruhi suasana hati seseorang juga bahkan lebih jauh, warna juga dapat memengaruhi suhu secara keseluruhan.

Ini karena warna yang berbeda menyerap cahaya dengan cara yang berbeda pula. Beberapa warna seperti warna hitam misalnya, warna tersebut diketahui dapat menahan panas lebih baik jika dibandingkan dengan warna lain. Begitupun dengan warna lainnya yang memiliki karakter dan reaksi berbeda terhadap panas.

Saat ini, suhu panas suatu ruangan banyak diatasi dengan memasang perangkat pendingin ruangan atau pengkondisi udara atau dikenal dengan air conditioner (AC). Namun sayang, sejak beberapa dekade lalu, penggunaan AC yang massif di banyak negara dan berbagai lingkup kebutuhan diketahui membawa dampak buruk bagi lingkungan.

Dalam upaya untuk membantu mengurangi kebutuhan AC yang dapat menghabiskan banyak listrik dan juga melepaskan gas produk sampingan ke atmosfer, para peneliti di Universitas Purdue, Indiana, Amerika Serikat (AS) telah mengembangkan bentuk khusus cat putih yang mereka klaim dapat mengurangi suhu permukaan secara signifikan.

Bahkan, cat khusus yang tengah dikembangkan secara intensif itu diklaim mampu membuat suhu ruangan mencapai 14 hingga 18 derajat Fahrenheit (-10 hingga -7,7 derajat celsius) dibandingkan dengan lingkungan sekitarnya, sehingga dikatakan dapat mereplikasi efek lemari es tetapi tanpa mengonsumsi energi sama sekali.

Artinya, dengan menggunakan cat itu untuk membantu mengecat ruangan, dapat secara drastis menurunkan suhu di dalam ruangan. Ini pada akhirnya dapat mengurangi kebutuhan akan AC.

Dengan membantu mendinginkan ruangan, cat itu juga dapat bekerja bersama-sama dengan sistem pemanas atau pendingin di mana jika bangunan tetap cukup dingin, maka tidak perlu ada AC untuk dinyalakan.

Selain itu, cat putih ini juga dapat memantulkan panas jauh ke luar angkasa, di mana menurut para peneliti, membantu mencegah panas terperangkap di atmosfer dan berkontribusi terhadap pemanasan global. (www.purdue.edu)

Saksikan video menarik berikut ini: