Kompetisi Resmi Dihentikan, Tak Ada Juara di Proliga 2020

Kompetisi Resmi Dihentikan, Tak Ada Juara di Proliga 2020

Terbaiknews - JawaPos.com –Kompetisi bola voli Proliga 2020 resmi dihentikan hari ini. Hal ini adalah hasil...

JawaPos.com –Kompetisi bola voli Proliga 2020 resmi dihentikan hari ini. Hal ini adalah hasil rapat koordinasi antara panitia pelaksana Proliga 2020 dan Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI).

Keputusan penghentian kompetisi ini tertuang dalam surat nomor 179/PP/PBVSI/III/2020.

Dalam surat tersebut, ada beberapa poin yang menjadi pertimbangan pemberhentian kompetisi. Di antaranya, berdasar pemberitaan resmi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang memperpanjang status daruat bencana kasus korona hingga 29 Mei 2020.

Selain itu ada surat dari Federasi Bola Voli Dunia (FIVB) untuk menghentikan kompetisi tersebut. Ini ditambah dengan tidak adanya izin penyelenggaraan.

â&;&;Sehubungan dengan rujukan-rujukan tersebut, bersama ini disampaikan bahwa sesuai dengan perkembangan informasi terkait update dampak global virus korona, maka kami akhirnya dengan pertimbangan berat harus mengambil keputusan untuk menghentikan kompetisi bola voli Proliga 2020 sampai dengan ranking babak penyisihan,” tulis surat yang ditandatangani Direktur Proliga Hanny S. Surkatty dan Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo.

“Sedangkan untuk babak final four dan grand final Proliga 2020 ditiadakan,â&;&; imbuhnya.

Dikonfirmasi terpisah, Hanny S. Surkatty membenarkan hal tersebut. â&;&;Proliga sampai peringkat babak penyisihan saja, final four dan final ditiadakan. Sehingga juara Proliga tahun ini tidak ada. Keputusan ini kami ambil demi keselamatan bersama. Kami berharap dampak korona ini segera berlalu, sehingga kompetisi Proliga 2021 bisa terselenggara,” katanya.

Sementara, pelatih tim putri Jakarta BNI 46 Walfridus Wahyu belum bisa berkomentar sebelum ada keputusan dari manajemen BNI. â&;&;Untuk saat ini saya belum bisa bilang apa-apa,” ucap Wahyu ketika dikonfirmasi.

â&;&;Menurut saya ini keputusan terbaik. Pemerintah juga sudah mengimbau. Intinya demi kebaikan bersama,â&;&; kata pelatih tim putra Jakarta Pertamina Energi Pascal W. Picaulima dalam kesempatan terpisah.

Sebagaimana diketahui, tim putra yang lolos ke final four adalah, Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Energi, Surabaya Bhayangkara Samator, dan Palembang Bank SumselBabel.

Sementara tim putri yang melaju ke empat besar adalah Jakarta Pertamina Energi, Bandung BJB Tandamata, Jakarta PGN Popsivo Polwan, dan Jakarta BNI 46.

Sejatinya, jadwal final four akan digelar di Kediri (3 April – 5 April) dan Solo (10 April – 12 April). Setelah itu ditutup dengan grand final di Jogjakarta pada 18 April dan 19 April.

Namun, ada opsi bahwa final four Proliga 2020 bakal digelar tanpa penonton di Padepokan Voli, Sentul, Kabupaten Bogor. Ini setelah mempertimbangkan eskalasi penyebaran virus korona di Indonesia.