KNKT: Ada Dua Pesawat yang Mengudara di Jalur Sriwijaya Air SJY 182 

KNKT: Ada Dua Pesawat yang Mengudara di Jalur Sriwijaya Air SJY 182 

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebut ada dua pesawat lain...

Jakarta, IDN Times - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebut ada dua pesawat lain yang mengudara di jalur penerbangan Sriwijaya Air SJY 182 pada 9 Januari 2021. Pesawat itu masing-masing berada di depan dan belakang Sriwijaya Air. Namun, kedua pesawat tersebut tidak mengalami masalah.

"Di depan pesawat SJ 182 ada pesawat AirAsia rute Jakarta-Pontianak dan belakangnya juga ada,” kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR, Rabu (3/2/2021).

1. ATC sempat berkomunikasi dengan pilot Sriwijaya Air sebelum hilang kontak

KNKT: Ada Dua Pesawat yang Mengudara di Jalur Sriwijaya Air SJY 182 Catatan penerbangan Sriwijaya Air SJ182 (Website/flightradar24.com)

Sementara, Direktur Utama AirNav Indonesia, Pramintohadi Sukarno mengungkapkan komunikasi terakhir air traffic controller (ATC) Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan pilot Sriwijaya Air SJY 182 sebelum hilang kontak. Pramintohadi menjelaskan, petugas ATC sempat memanggil pilot sampai 11 kali.

“Pada 14.40 WIB,controllermelakukan konfirmasi arah SJ 182. Namun, tidak ada respons dan diikuti target hilang dari layar radar. ATC berusaha memanggil berulang kali, sampai 11 kali,” ujar Pramintohadi.

2. Pesawat diinstruksikan naik ke 11 ribu kaki

KNKT: Ada Dua Pesawat yang Mengudara di Jalur Sriwijaya Air SJY 182 Sriwijaya Air (Instagram.com/sriwijayaair)

Satu menit setelah terbang, kata dia, pesawat diinstruksikan menaikkan ketinggian di level 29 ribu kaki. Hal itu sesuai prosedur standar alur keberangkatan yang berlaku. Pada pukul 14.38 WIB, pilot lantas membawa pesawat melewati ketinggian 7.900 kaki.

"Pilot meminta ATC untuk mengarahkan armadanya ke posisi 075 derajat karena alasan cuaca. ATC mengizinkan dan pesawat diinstruksikan naik ke 11 ribu kaki,” katanya.

3. Selama tiga menit terbang, ATC mencatat tidak ada laporan pesawat mengalami masalah

KNKT: Ada Dua Pesawat yang Mengudara di Jalur Sriwijaya Air SJY 182 Proses evakuasi badan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Menurut Pramintohadi, ATC mengarahkan pesawat ke posisi 11 ribu kaki karena ada pesawat AirAsia di jalur ketinggian yang sama. Rute penerbangan pesawat tersebut juga Jakarta-Pontianak. Setelah memperoleh instruksi, pilot sempat menjawab “clear”.

Saat pesawat berada di posisi ketinggian 10.600 kaki, lanjut Pramintohadi, ATC memerintahkan pilot untuk menaikkan kembali armadanya ke 13 ribu kaki. Pilot juga masih merespons. Selama tiga menit terbang, ATC bahkan mencatat tidak ada laporan pesawat mengalami masalah.

"Masuk ke menit empat penerbangan, pada layar radar pemantauan pesawat terlihat berbelok ke kiri atau menuju arah yang berbeda dari instruksi ATC. Pesawat seharusnya ke kanan di posisi 075 derajat,” jelas Pramintohadi.

Pada pukul 14.40 WIB,controllerberupaya melakukan konfirmasi terhadap Sriwijaya Air SJY 182. Bahkan, maskapai Garuda Indonesia turut mengontak pilot.

“ATC dibantu beberapa penerbangan lain seperti Garuda untuk berkomunikasi dengan SJ 182, namun tidak ada respons,” katanya.

Berita dengan kategori