Kenali Gejalanya, Waspada 6 Jenis Gangguan Jiwa Termasuk Depresi

Kenali Gejalanya, Waspada 6 Jenis Gangguan Jiwa Termasuk Depresi

Terbaiknews - ILUSTRASI. Jangan dianggap remeh ketika sudah merasa terlalu lama bersedih dan cemas. Bisa jadi Anda sudah mengalami beberapa gejala gangguan jiwa namun tak disadari. (Medical News Today)

– Jangan dianggap remeh ketika sudah merasa terlalu lama bersedih dan cemas. Bisa jadi Anda sudah mengalami beberapa gejala gangguan jiwa namun tak disadari. Menurut laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) gangguan mental terdiri dari berbagai masalah dengan gejala yang berbeda.

Namun, umumnya terdiri dari beberapa kombinasi dari pikiran, emosi, perilaku, dan hubungan yang tidak normal dengan orang lain. Contohnya adalah skizofrenia, depresi, cacat intelektual, dan gangguan akibat penyalahgunaan narkoba. Sebagian besar masalah ini dapat berhasil diobati.

Kepada JawaPos.com, baru-baru ini, Psikiater dr. Lahargo Kembaren, SpKJ yang juga Kepala Instalasi Rehabilitasi Psikososial RS.dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor dan RS Siloam Bogor menjelaskan beberapa jenis gangguan jiwa yang memerlukan perhatian khusus. Salah satu yang paling parah adalah depresi.

1. Demensia

Kepikunan pada orang tua, ditandai dengan hilangnya daya ingat (memori), perubahan kepribadian, perubahan perilaku menjadi mudah marah, dan mudah sedih. Bahkan berperilaku tidak wajar seperti bicara dan tertawa sendiri, keluyuran, dan sulit belajar hal-hal yang baru.

  • Survei, 1 dari 5 Orang Berpikir Lebih Baik Mati karena Beban Mental

2. Psikotik/skizofrenia

Gangguan penilaian realitas ditandai dengan adanya halusinasi seperti mendengar suara-suara bisikan, melihat bayangan-bayangan, merasa di badan seperti ada yang menyentuh/meraba. Bahkan seperti mencium bau-bauan yang tidak ada sumbernya, pembicaraan tidak nyambung, adanya waham yaitu keyakinan yang salah.

Gejala skizofrenia juga bisa ditandai seperti merasa dibicarakan orang lain, merasa sebagai orang yang berbeda, seringkali disertai dengan perilaku agresif yang berbahaya seperti marah, merusak, dan melukai orang lain.

3. Depresi

Perasaan sedih yang mendalam disertai dengan hilangnya semangat dan motivasi. Badan jadi mudah lelah/tidak bertenaga, perubahan pada pola tidur dan pola makan, sulit konsentrasi/tidak fokus, dan ada keinginan untuk bunuh diri

4. Cemas

Rasa cemas, khawatir, panik mendominasi gangguan ini. Lalu disertai dengan adanya perubahan pada tubuh seperti napas cepat dan pendek, jantung berdebar, keringat dingin, nyeri/tidak nyaman di perut, pusing, dan pandangan kabur.

5. Bipolar

Ini adalah gangguan mood/perasaan, orang yang mengalaminya mengalami perubahan mood dari senang ke sedih yang berlebihan. Saat senang merasa memiliki banyak energi, tidak tidur-tidur, mengerjakan banyak hal, ada perilaku berisiko, hasrat seksual meningkat, belanja berlebihan, membagikan barang tidak wajar, bicara cepat dan loncat dari satu topik lainnya. Pada lain kesempatan muncul gangguan depresi.

6. Gangguan kepribadian

Gangguan Kepribadian (GK) adalah suatu gangguan yang sudah mendalam ditandai dengan kepribadian yang tidak fleksibel dan kaku sehingga tidak bisa beradaptasi dengan baik dengan lingkungan. Gangguan ini juga terdiri dari beberapa jenis dan gejala.

GK paranoid
(gampang curiga),

GK skizoid
(dingin,tdk senang bersosialisasi),

GK skizotipal
(eksentrik,perilaku aneh),

GK histrionik
(ekspresif, ingin jadi pusat perhatian),

GK narsisistik
(ingin selalu diutamakan dan jadi nomor satu)

GK ambang
(emosi tidak stabil, mudah meledak-ledak)

GK antisosial
(tidak memperdulikan perasaan orang lain dan norma yang berlaku, banyak melanggar aturan)

GK cemas menghindar
(selalu menghindari berbagai tugas dan enggan mengambil suatu tanggung jawab)

GK dependen
(selalu bergantung pada orang lain dalam mengambil keputusan).

Saksikan video menarik berikut ini: