Kemendikbud Sebut Jangan Mengeluh Apabila Kurikulum Berubah

Kemendikbud Sebut Jangan Mengeluh Apabila Kurikulum Berubah

Terbaiknews - ILUSTRASI. Perubahan kurikulum adalah satu hal yang tidak dapat dihindari. (SALMAN TOYIBI /JAWA POS)

– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengungkapkan, perubahan kurikulum adalah satu hal yang tidak dapat dihindari. Perubahan kurikulum ini pun harus dipahami oleh masyarakat untuk peningkatan kualitas pendidikan.

Hal ini diungkapkan Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pembelajaran, Hamid Muhammad. Ia melanjutkan, perubahan kurikulum pendidikan ini bisa terjadi kapan saja. Apalagi di era disrupsi saat ini yang mengharuskan masyarakat dunia untuk lebih adaptif pada perubahan-perubahan yang ada.

“Kalaupun ada perubahan kurikulum kita jangan mengeluh. Karena zaman berubah, komposisi penduduk berubah, dunia berubah dan tantangan juga terus berubah,” jelas dia dalam siaran YouTube Kemenko PMK, Jumat (5/2).

Menteri Nadiem Ungkap Terobosan Kebijakan Sepanjang Pandemi, Apa Saja?

Kurikulum yang berubah menurut dia adalah hal yang wajar. Sebab, hal tersebut juga di maksudkan untuk memperbaiki kualitas pendidikan dan peningkatan kualitas para pelajar Indonesia.

Hal ini ia yakini, karena setiap perubahan yang terjadi pada kurikulum itu selalu berlandaskan pada kebutuhan pelajar. Semua ini demi memperdiapkan pelajar untuk lebih siap menghadapi tantangan di masa mendatang.

“Anak-anak kita itu memang harus kita persiapkan kedepan. Kita akan menyesuaikan kurikulum kita kedepan agar anak kita tidak ketinggalan zaman nanti,” ujar dia.

Hamid pun melanjutkan, kata dia pelajar saat ini tidak bisa selalu dijejali kurikulum yang sudah ada. Sebab selain dari jenis tantangan, perubahan teknologi hingga disrupsi sosial juga mempengaruhi perkembangan pelajar.

“Karakternya jangan disamakan dengan generasi sebelumnya. Tantangan SDM berbeda, akan muncul jenis pekerjaan baru, digitalisasi akan menjadi bagian mereka. Benar-benar banyak yang berubah, maka itu kompetensi anak-anak kita akan berubah,” pungkas dia.

Saksikan video menarik berikut ini:

Berita dengan kategori