Kebutuhan Plasma Konvalesen Tinggi, Ketua Satgas Minta Penyintas Covid-19 Ikut Donasi

Kebutuhan Plasma Konvalesen Tinggi, Ketua Satgas Minta Penyintas Covid-19 Ikut Donasi

Terbaiknews - - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakanpihaknya dan Palang Merah Indonesia (...

, - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, pihaknya dan Palang Merah Indonesia ( PMI) meminta para penyintas Covid-19 bersedia mendonasikan plasma konvalesen.

Permintaan ini, kata Doni, menyusul besarnya kebutuhan terhadap plasma konvalesen bagi pasien yang sedang berjuang sembuh dari Covid-19.

"Sebagai penyintas, mendonorkan plasma konvalesen merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah sembuh dan juga membantu penderita lainnya agar pulih," kata Doni dalam keterangan tertulis," Senin (8/2/2021).

Doni menjelaskan, seiring dengan bertambahnya kasus aktif Covid-19, kebutuhan terhadap plasma konvalesen yang cukup besar.

Ajak Penyintas Covid-19 Donasikan Plasma Konvalesen, JK: Satu Orang Bisa Selamatkan 2 Nyawa

Untuk itu, Satgas Penanganan Covid-19 bekerja sama dengan PMI menyiapkan stok plasma konvalesen.

"Terapi plasma ini menjanjikan kesembuhan yang tinggi, saat ini sulit mencari pendonor dari para penyintas Covid-19. Selamatkan sesama, selamatkan bangsa," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla mengatakan, pihaknya siap untuk melayani donor plasma di berbagai daerah.

Saat ini, PMI menyiapkan 31 Unit Donor Darah (UDD) dan mempunyai peralatan untuk mengelola plasma yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menko PMK: Donasi Plasma Konvalesen Meningkat 239 Persen

Untuk diketahui, Gerakan ini diharapkan dapat mendorong para penyintas Covid-19 yang memenuhi persayaratan untuk siap secara sukarela menjadi donor plasma konvalesen.

Satgas Penanganan Covid-19 bekerja sama dengan PMI membangun dashboard terintegrasi pencatatan dan pelaporan donor plasma konvalesen.

Langkah ini juga turut didukung oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang menyiapkan call center bagi para donor plasma konvalesen.

Para penyintas Covid-19 cukup mendaftar secara online atau melalui telepon untuk selanjutnya akan dipandu hingga proses donor di UDD (Unit Donor Darah) PMI yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Berita dengan kategori