Katulampa Siaga 3, Warga Jakarta di Bantaran Sungai Diimbau Waspada

Katulampa Siaga 3, Warga Jakarta di Bantaran Sungai Diimbau Waspada

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau kepada warga...

Jakarta, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau kepada warga yang tinggal di bantaran sungai agar berhati-hati banjir kiriman. Sebab, tinggi permukaan air di Bendung Katulampa, Bogor, mencapai 130 sentimeter, atau memasuki status Waspada (Siaga 3).

“Kami BPBD DKI Jakarta menginformasikan bahwa pada pukul 06.00 WIB ketinggian Katulampa 130 sentimeter (dan) hujan dalam status Siaga 3. Diimbau kepada warga sepanjang bantaran sungai agar waspada dan berhati-hati,” demikian imbauan dalam video singkat yang diunggah akun Twitter @BPBDJakarta, Minggu (7/2/2021).

1. Status Siaga 3 juga terjadi di dua pintu air lainnya

Katulampa Siaga 3, Warga Jakarta di Bantaran Sungai Diimbau WaspadaBendung Katulampa (Antaranews/HO/Bendung Katulampa)

Selain Bendungan Katulampa, sejak hujan deras mengguyur kawasan Jabodetabek pada Sabtu, 6 Februari 2021 malam, BPBD mencatat kenaikan permukaan air di Bendungan Sunter Hulu setinggi 160 sentimeter dan Pulo Gadung setinggi 600 meter. Status yang ditetapkan adalah Waspada atau Siaga 3.

Informasi terbaru, tinggi muka air di Katulampa pada pukul 08.00 WIB adalah 120 sentimeter dengan kondisi gerimis. Namun, status masih tetap Waspada atau Siaga 3.

2. Hujan sedang hingga deras diprediksi mengguyur sebagian wilayah Jakarta

Katulampa Siaga 3, Warga Jakarta di Bantaran Sungai Diimbau WaspadaIlustrasi suasana hujan di Jakarta (IDN Times/Besse Fadhilah)

Sementara, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan dengan curah sedang hingga deras akan mengguyur sebagian kawasan DKI Jakarta dan kota penyangganya (Jabodetabek).

Hujan diprediksi akan mengguyur Cilincing, Jakarta Utara. Begitu pula di Bogor, yang meliputi Sukamakmur, Cisarua, dan Megamendung. Kabupaten Bekasi juga diprediksi akan hujan, mencakup Tambun Selatan, Cikarang Barat, Cikarang Utara, Cikarang Selatan, Cikarang Pusat, Serang Baru.

Terakhir adalah Kota Bekasi yang meliputi Bekasi Barat, Bekasi Utara, Bekasi Selatan, Medan Satria, dan sekitarnya.

3. Terjadi perluasan wilayah hujan

Katulampa Siaga 3, Warga Jakarta di Bantaran Sungai Diimbau WaspadaIlustrasi Suasana Hujan di Perkotaan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Kemudian, BMKG juga memprediksi terjadinya perluasan wilayah hujan di Jakarta Timur antara lain Pulogadung, Jatinegara, Cakung, Kramatjati, Duren Sawit, Makasar, Ciracas, Cipayung. Di Jakarta Utara antara lain Tanjung Priok, Koja, Kelapa Gading.

Sedangkan, di Kabupaten Bogor antara lain Gunung Putri, Citeureup, Sukaraja, Babakan Madang, Jonggol, Cileungsi, Cariu, Ciawi, Caringin, Cijeruk, Klapanunggal, Tanjungsari, Cigombong.

Di Kabupaten Bekasi antara lainKedung Waringin, Sukakarya, Sukatani, Tarumajaya, Babelan, Sukawangi, Tambelang, Karang Bahagia, Tambun Utara, Cibitung, Cikarang Timur, Pebayuran, Cabangbungin, Muaragembong, Setu, Cibarusah, Bojongmangu.

Kemudian Kota Bogor yakni Bogor Selatan, Bogor Timur, Bogor Tengah, Bogor Barat, Bogor Utara, Tanah Sareal.

Kota Bekasi antara lain Bekasi Timur, Rawa Lumbu, Bantar Gebang, Pondok Gede, Jatiasih, Jati Sempurna, Mustika Jaya, Pondok Melati.

Selain itu, Kota Depok antara lainCimanggis, Tapos, dan sekitarnya.

Berita dengan kategori