Kasus Pelindo II, Penyidik Kejagung Periksa Istri dan Anak RJ Lino

Kasus Pelindo II, Penyidik Kejagung Periksa Istri dan Anak RJ Lino

Terbaiknews - Mantan Dirut Pelindo II RJ Lino (Istimewa)

– Kejaksaan Agung (Kejagung) mengusut dugaan kasus perpanjangan kerja sama pengoperasian dan pengelolaan pelabuhan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) berupa kerja sama usaha dengan PT Jakarta Internasional Container Terminal (JICT). Jaksa penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) memeriksa dua orang saksi yang diduga merupakan keluarga dari mantan Direktur Utama Pelindo II, Richard Joost Lino (RJL).

“Saksi yang diperiksa yaitu BS selaku istri RJL dan HP selaku anak RJL,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam keterangannya, Kamis (28/1).

Leonard menjelaskan, pemeriksaan saksi dilakukan untuk mencari fakta hukum dan mengumpulkan alat bukti tentang tindak pidana yang terjadi dalam proses perpanjangan kerja sama pengoperasian dan pengelolaan pelabuhan Pelindo II. Dia memastikan, pemeriksaan saksi dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan tentang pencegahan penularan Covid-19, menjaga jarak aman antara yang diperiksa dengan penyidik yang sudah menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

“Serta bagi saksi wajib mengenakan masker dan selalu mencuci tangan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah pemeriksaan,” pungkas Leonard.

Sebagaimana diketahui, Jampidsus Kejagung sedang melakukan penyidikan terkait dugaan korupsi pada perpanjangan kerja sama pengoperasian dan pengelolaan pelabuhan Pelindo II berupa kerja sama usaha dengan JICT. Kejagung juga sudah menerbitkan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) Nomor: Print-54/F.2/Fd.1/09/2020.

Penyidik Kejagung juga sudah menggeledah kantor JICT dan menyita sejumlah dokumen penting yang diduga berkaitan dengan kasus tersebut. Meski saat ini sudah pada tahap penyidikan, Kejagung hingga kini belum menetapkan tersangka dalam kasus tersebut.