Kapolsek Metro Tanah Abang Positif Covid-19, Efek Klaster Petamburan?

Kapolsek Metro Tanah Abang Positif Covid-19, Efek Klaster Petamburan?

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Kapolsek Metro Tanah AbangKompol Singgih Hermawandan Wakapolsek Metro Tanah...

Jakarta, IDN Times - Kapolsek Metro Tanah Abang, Kompol Singgih Hermawan, dan Wakapolsek Metro Tanah Abang, Kompol Sri Wahyudi, positif terinfeksi COVID-19 setelah menjalani tes usap atau swab test.

"Mudah-mudahan Lurah Petamburan bisa sembuh, demikian juga dengan Kapolsek Metro Tanah Abang Kompol Singgih dan Wakapolsek Metro Tanah Abang," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, saat memantau kegiatan tetes cepat (rapid test) massal di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, seperti dikutup dari ANTARA, Minggu (22/11/2020).

1. Kapolsek dan Wakapolsek Metro Tanah Abang kemungkinan tertular COVID-19 di Petamburan

Kapolsek Metro Tanah Abang Positif Covid-19, Efek Klaster Petamburan?IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Fadil mengatakan dua anggotanya dan Lurah Petamburan Setiyanto kemungkinan besar tertular COVID-19 ketika melaksanakan tugas mengawal kegiatan masyarakat.

Terkait temuan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengenai klaster baru di Jakarta, Polda Metro Jaya mengadakan tes cepat massal di Petamburan.

Adapun klaster baru temuan satuan tugas, yakni klaster akad nikah di Petamburan, klaster Tebet, klaster Bandara Soekarno-Hatta dan klaster Megamendung.

"Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-di wilayah DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tentunya yang diwakili oleh camat, akan melakukan giat 3T; Testing, Tracing dan Treatment," kata Fadil.

2. Kontak tracing dilakukan kepada 1.000 warga Petamburan usai acara besar yang digelar Rizieq Shihab

Kapolsek Metro Tanah Abang Positif Covid-19, Efek Klaster Petamburan?Ilustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Rencananya tes cepat massal diselenggarakan selama dua hari berturut-turut. Dalam satu harinya, tes cepat massal diikuti 1.000 warga Petamburan.

Lurah Petamburan Setiyanto dinyatakan positif COVID-19 saat hendak diperiksa oleh Polda Metro Jaya terkait keramaian di Petamburan.

Polda Metro Jaya telah memberlakukan protokol kesehatan yang lebih ketat dengan mewajibkan semua pihak yang akan diperiksa atau dimintai klarifikasi untuk menjalani tes usap antigen.

3. Acara Maulid Nabi dan pernikahan anak Rizieq Shihab menjadi polemik

Kapolsek Metro Tanah Abang Positif Covid-19, Efek Klaster Petamburan?Youtube.com/Mubarok Husein

FPI menggelar acara Maulid Nabi Muhammad di kawasan Petamburan, rumah Rizieq Shihab, Sabtu (14/11/2020). Dalam acara tersebut turut dilangsungkan acara pernikahan putri keempat Rizieq, Syarifah Najwa Syihab, dengan Sayid Irfan Alaidrus.

Sekitar 10 ribu orang meramaikan acara Maulid Nabi sekaligus pesta resepsi pernikahan tersebut. Bukannya dibubarkan, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 justru membagikan dua ribu masker kepada tamu yang hadir di acara itu.

Setelah berlangsungnya dua acara itu, Rizieq tak lagi terlihat mengisi acara ceramah atau kunjungan ke sejumlah tempat yang selalu didokumentasikan oleh channel YouTube Front TV.