Kapan Waktu yang Aman untuk Bertemu Pasien Sembuh Covid-19? Ini Penjelasan Ahli

Kapan Waktu yang Aman untuk Bertemu Pasien Sembuh Covid-19? Ini Penjelasan Ahli

Terbaiknews - KOMPAS.com - Jumlah kasus infeksi virus corona masih terus meningkat di sejumlah negara. Namun...

KOMPAS.com - Jumlah kasus infeksi virus corona masih terus meningkat di sejumlah negara. Namun meskipun demikian, grafik pasien yang sembuh juga terus bertambah setiap harinya.

Kondisi tersebut memunculkan sebuah pertanyaan umum.

Kapan waktu yang aman untuk kembali berada di dekat orang yang pernah terkonfirmasi positif Covid-19?

MelansirHealthline, (20/7/2020), sebagaimana penyakit menular lainnya, waktu pemulihan dapat bervariasi antara satu orang dengan orang lainnya.

Namun, para ahli merekomendasikan orang-orang untuk mengikuti panduan yang dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Waktu aman yang dibutuhkan

"Umumnya saat ini diperkirakan waktu sekitar 10 hari setelah tes terkonfirmasi positif. Jika Anda tidak mengalami gejala apapun, tidak demam, maka Anda dapat dianggap tidak lagi dapat menularkan virus," kata Ahli Penyakit Menular di Vanderbilt University, William Schaffner.

CDC sendiri mengatakan bahwa waktu yang aman bagi seseorang yang sembuh dari Covid-19 untuk dapat kembali beraktivitas di lingkungannya bergantung pada sejumlah faktor.

Mereka yang telah terkonfirmasi Covid-19 dan mengalami gejala dapat kembali berada di sekitar orang lain setidaknya 10 hari sejak kemunculan gejala jika minimal dalam 24 jam tidak mengalami demam tanpa mengonsumsi obat penurun demam.

Atau juga dapat menunggu hingga gejala yang dialami membaik.

Sementara, bagi orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan tidak mengalami gejala, mereka dapat kembali melakukan kontak dengan orang lain 10 hari sejak hasil tes positif tersebut.