Kalahkan Bintang Yamaha pada Saat Akhir, Quartararo Raih Pole Position

Kalahkan Bintang Yamaha pada Saat Akhir, Quartararo Raih Pole Position

Terbaiknews - JawaPos.com-Fabio Quartararo meraih pole position keduanya musim ini setelah menyingkirkan Maverick...

JawaPos.com-Fabio Quartararo meraih pole position keduanya musim ini setelah menyingkirkan Maverick Vinales di menit-menit terakhir babak kualifikasi Grand Prix Andalusia, di Sirkuit Jerez, Spanyol (25/7).

Pembalap Petronas Yamaha itu mencatatkan waktu 1 menit dan 37,007 detik. Dia unggul 0,095 detik dari Vinales di posisi kedua. Sementara itu, Marc Marquez mengakhiri sesi kualifikasi lebih awal karena masih cedera. Marquez dipastikan absen pada balapan kedua musim ini tersebut.

Francesco Bagnaia menjadi pembalap Ducati tercepat pada sesi itu dan akan start dari posisi ketiga. Valentino Rossi mendapatkan hasil mantap. Dia akan start dari posisi keempat, finis 0,335 detik Quartararo pada kualifikasi.

Pembalap LCR Honda Takaaki Nakagami, yang tampil tercepat di sesi latihan kemepat hanya mampu tercepat kedepana. Dia berada di depan rookie KTM Brad Binder dan pembalap Suzuki Joan Mir.

Sementara itu, enam hari setelah kecelakaan di Jerez dan empat hari pasca operasi, Marquez mendapat lampu hijau dari tim untuk ambil bagian di sesi latihan dan kualifikasi.

Marquez dan tim Repsol Honda menggunakan kesempatan tersebut untuk mengevaluasi bagaimana tingkat cedera yang dia alami. Apakah sang pembalap mampu mengendarai motornya sepanjang jarak lomba atau tidak.

Marquez menyelesaikan FP3 pada posisi ke-19. Dia berjarak 1,298 detik dari pemuncak sesi. Pada sesi latihan terakhir, dia terpaut 0,999 detik dari Nakagami yang tampil tercepat pada sesi latihan keempat.

Sang adik, Alex Marquez juga sempat membuat timnya was-was. Yakni ketika dia terlihat memegangi lengan kanannya setelah terjatuh di tikungan lima saat Q1. Namun Alex dinyatakan bebas dari cedera setelah insiden tersebut.

Cal Crutchlow yang masih baru sembuh dari cedera tulang skafoid, telah kembali membalap. Dia menyelesaikan kualifikasi di P13. Sementara Alex Rins, yang menderita dislokasi bahu, melewatkan FP3 hari ini. Namun, dia tampil di Q1 untuk start dari P20 pada balapan nanti.