Jokowi Targetkan Vaksinasi COVID-19 Selesai dalam Setahun

Jokowi Targetkan Vaksinasi COVID-19 Selesai dalam Setahun

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menargetkan program vaksinasi COVID-19 selesai...

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menargetkan program vaksinasi COVID-19 selesai sebelum akhir 2021. Target tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan secara virtual di acara Sidang Majelis Pekerja Lengkap Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Senin (25/1/2021).

"Terkait dengan penanganan isu kesehatan, program vaksinasi COVID-19 telah dimulai, dan saya perintahkan agar vaksinasi ini selesai sebelum 2021," kata Jokowi seperti yang disiarkan di channel YouTube Yakoma PGI.

1. Jokowi: Pemerintah sudah memesan 426 juta dosis vaksin

Jokowi Targetkan Vaksinasi COVID-19 Selesai dalam SetahunPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi menyampaikan pemerintah sudah memesan 426 juta dosis vaksin dari empat perusahaan. Salah satunya dari perusahaan Tiongkok, Sinovac.

"Kita sudah memesan 426 juta dosis vaksin dari 4 perusahaan dan negara yang berbeda, kita telah menyiapkan 30 ribu vaksinator, 10 ribu puskesmas, dan 3 ribu rumah sakit yang akan mendukung vaksinasi kepada kurang lebih 181,5 juta rakyat Indonesia," ujar Jokowi.

2. Jokowi minta PGI bantu mengedukasi masyarakat soal vaksin

Jokowi Targetkan Vaksinasi COVID-19 Selesai dalam SetahunIlustrasi Penyuntikan Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengajak masyarakat untuk menyukseskan program vaksinasi. Ia meminta PGI ikut membantu mengedukasi masyarakat terkait program vaksinasi ini.

"Memberikan informasi yang benar bahwa vaksinasi akan menjadi salah satu jalan untuk bisa pulih dan bangkit dari pandemik, meskipun vaksinasi dilakukan, protokol kesehatan harus tetap diterapkan dengan disiplin," jelasnya.

3. Pemerintah berkomitmen mengatasi stunting dan TBC

Jokowi Targetkan Vaksinasi COVID-19 Selesai dalam SetahunPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Sulawesi Tenggara pada Kamis (22/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain menangani COVID-19, dalam sambutannya Jokowi juga mengatakan pemerintah berkomitmen mengatasi isu kesehatan lainnya, seperti stunting dan TBC.

"Di sisi lain, pemerintah juga berkomitmen menangani isu kesehatan yang lain seperti TBC dan stunting agar kesehatan masyarakat bisa pulih dan semakin baik lagi," katanya.