Jokowi Minta Roadmap Penyuntikan Vaksin COVID-19 Dipaparkan Pekan Ini

Jokowi Minta Roadmap Penyuntikan Vaksin COVID-19 Dipaparkan Pekan Ini

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta jajarannya untuk merencanakan penyuntikan...

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta jajarannya untuk merencanakan penyuntikan vaksin COVID-19 dalam dua pekan. Penugasan tersebut diberikan Jokowi sejak 28 September 2020 lalu.

"Untuk roadmap pemberian vaksin, minggu ini saya minta secara khusus dipaparkan sehingga jelas apa yang kita butuhkan," ujar Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Kabinet RI, Senin (12/10/2020).

1. Jokowi minta KPCPEN prioritaskan 12 kabupaten/kota

Jokowi Minta Roadmap Penyuntikan Vaksin COVID-19 Dipaparkan Pekan IniPresiden Jokowi memberi sambutan untuk Hari Habitat Dunia Tahun 2020 (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selanjutnya, Jokowi meminta Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) untuk memprioritaskan penanganan COVID-19 di 12 kabupaten/kota. ke-12 kabupaten/kota tersebut antara lain Kota Ambon, Jakarta Utara, Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Jayapura, Kota Padang, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Kota Pekanbaru, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

"Saya juga minta dua minggu ke depan diprioritaskan untuk 12 kabupaten/kota yang memiliki kasus aktif lebih dari 1.000 yang menyumbang 30 persen total kasus aktif nasional," kata Jokowi.

2. Jokowi minta 8 provinsi prioritas tetap dimonitor ketat

Jokowi Minta Roadmap Penyuntikan Vaksin COVID-19 Dipaparkan Pekan IniPresiden Jokowi tinjau penataan kawasan dan pembangunan terminal multifungsi di Labuan Bajo (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta agar Komite PCPEN tetap memonitor secada ketat 8 provinsi prioritas. Ke-8 provinsi itu adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Papua.

"Saya minta tetap 8 provinsi prioritas tetap dimonitor secara ketat, testing, tracing dan treatment terus diperbaiki, sehingga gap antara provinsi satu dengan lain, terutama testing, bisa kejar dengan baik," ujar Jokowi.

3. Penyuntikan vaksin, Jokowi beri waktu menteri 2 pekan susun rencana

Jokowi Minta Roadmap Penyuntikan Vaksin COVID-19 Dipaparkan Pekan IniPresiden Jokowi memberikan keterangan pers soal UU Cipta Kerja (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, Jokowi meminta jajarannya untuk merencanakan penyuntikan vaksin COVID-19 sejak awal. Dia pun memberikan waktu dua pekan kepada menterinya untuk merencanakan penyuntikan vaksin.

"Saya minta dalam dua minggu ini sudah ada perencanaan yang detail, kapan dimulai, lokasinya di mana, siapa yang melakukan, siapa yang divaksin pertama, semuanya harus terencana dengan baik," kata Jokowi dalam rapat terbatas, Senin (28/9/2020).

Jokowi menuturkan, selama dua pekan ke depan, rencana penyuntikan vaksin harus sudah tersusun dengan baik. Sehingga, ketika vaksin sudah ada, pelaksanaan di lapangan akan tertata.

"Sehingga saat vaksin ada, itu tinggal langsung implementasi pelaksanaan di lapangan," ujarnya.
Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times