Jokowi Minta Masyarakat Lebih Aktif Sampaikan Kritik dan Masukan

Jokowi Minta Masyarakat Lebih Aktif Sampaikan Kritik dan Masukan

Terbaiknews - - Presiden Joko Widodo meminta masyarakat lebih aktif dalam menyampaikan kritik dan masukan...

, - Presiden Joko Widodo meminta masyarakat lebih aktif dalam menyampaikan kritik dan masukan terhadap kerja-kerja pemerintah.

Di saat bersamaan, ia juga meminta penyelenggara layanan publik terus meningkatkan kinerja.

Hal ini Jokowi sampaikan dalam acara Peluncuran Laporan Tahunan Ombudsman RI Tahun 2020, Senin (8/2/2021).

"Masyarakat harus lebih aktif menyampaikan kritik, masukan, atau potensi maladministrasi. Dan para penyelenggara layanan publik juga harus terus meningkatkan upaya perbaikan-perbaikan," kata Jokowi melalui tayangan YouTube Ombudsman RI, Senin.

Jokowi: Saya Selalu Tekankan, dalam Situasi Krisis Kerja Harus Extraordinary

Jokowi menyadari bahwa masih banyak kinerja pemerintah yang perlu diperbaiki, termasuk dalam penanganan pandemi Covid-19.

Oleh karenanya, ia berjanji untuk melakukan evaluasi, salah satunya dengan berdasar pada catatan-catatan yang disampaikan Ombudsman RI.

"Catatan ini sangat penting untuk mendorong peningkatan standar kualitas pelayanan publik di masa yang akan datang," ujarnya.

Jokowi pun meminta seluruh pihak menggunakan cara-cara yang luar biasa atau extraordinary dalam menghadapi krisis akibat pandemi Covid-19.

Jokowi: Kita Punya Kerja Besar Ubah Model Pelayanan Birokrasi

Cara kerja yang sifatnya rutintias, kata dia, harus diganti dengan cara yang inovatif dan penuh terobosan.

Kerja cepat dibutuhkan tidak hanya di sektor kesehatan, tetapi juga bidang perlindungan sosial.

"Dalam situasi pandemi seperti sekarang ini masyarakat tidak boleh menunggu lama, masyarakat harus mendapatkan pelayanan yang cepat dan efektif," kata Jokowi.

"Sehingga masyarakat terdampak bukan hanya mendapatkan penanganan yang cepat di bidang kesehatan, tetapi juga mendapatkan perlindungan dan bantuan yang juga cepat dari negara agar mereka bisa tetap bertahan dan menjaga kualitas kehidupannya," tuturnya.

Berita dengan kategori