Jenazah Napi Cai Changpan Diautopsi di RS Polri

Jenazah Napi Cai Changpan Diautopsi di RS Polri

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Tim Forensik Rumah Sakit Polri Kramat Jati melakukan autopsi terhadap jenazah...

Jakarta, IDN Times - Tim Forensik Rumah Sakit Polri Kramat Jati melakukan autopsi terhadap jenazah Cai Changpan alias Cai ji Fan yang ditemukan tanpa nyawa oleh petugas Kepolisian di Hutan Jasinga, Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 17 Oktober 2020 pagi.

Ambulans yang membawa jenazah tiba di Ruang Instalasi Kedokteran Forensik pada Sabtu malam sekitar pukul 19.30 WIB.

"Kami bawa ke RS Polri untuk autopsi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dilansir dari ANTARA, Minggu (18/10/2020).

1. Cai Changpan merencanakan kabur selama berbulan-bulan

Jenazah Napi Cai Changpan Diautopsi di RS PolriInfografis tentang terpidana mati kasus narkoba Cai Changpan yang kabur (IDN Times/Arief Rahmat)

Terpidana mati kasus narkoba ini awalnya melarikan diri dari Lapas Klas 1 Tangerang pada 14 September 2020. Ia melubangi lantai selnya hingga tembus gorong-gorong di luar lapas. Cai merencanakan pelariannya itu selama berbulan-bulan.

Dia menggunakan sejumlah peralatan yang dia dapat dari lokasi pembangunan dapur di lapas.

Selain itu, berdasarkan keterangan saksi dan CCTV, dia juga sempat mampir ke warung rokok dekat lapas.

2. Masuk daftar pencarian orang alias DPO

Jenazah Napi Cai Changpan Diautopsi di RS PolriIlustrasi buronan (IDN Times/Arief Rahmat)

Polisi lalu meningkatkan status terpidana kasus narkoba itu menjadi daftar pencarian orang (DPO). Foto Changpan juga sudah disebarkan kepada masyarakat untuk memudahkan pencarian. Polisi juga telah menurunkan anggota Brimob Polda Metro Jaya dengan bantuan anjing pelacak (K-9).

Changpan sempat dikabarkan kabur ke Hutan Tenjo, Bogor, Jawa Barat. Dia bahkan sempat mengunjungi kediaman istri dan keluarganya setelah beberapa jam kabur. Menurut keterangan warga, Cai Changpan sempat keluar hutan di tengah persembunyiannya.

3. Bukan kali pertama Changpan kabur

Jenazah Napi Cai Changpan Diautopsi di RS PolriIlustrasi tahanan (IDN Times/Mardya Shakti)

Ini bukan kali pertama Cai Changpan melarikan diri, sebab pada 24 Januari 2017, dia juga pernah pernah kabur dari Rutan Mabes Polri di Cawang, Jakarta Timur, dengan cara melubangi tembok kamar mandi. Namun 2 hari kemudian, dia berhasil ditangkap di Sukabumi, Jawa Barat.

Kaburnya seorang narapidana di Indonesia bukan kali pertama terjadi. Pada 2016 terpidana kasus pembunuhan serta pemerkosaan, Anwar alias Rizal, melarikan diri dari Rutan Salemba selama sepekan sejak 7 Juli 2016. Dia kemudian ditemukan di rumah kerabatnya di Kampung Barengkok, Batok, Tenjo, Bogor. Dia membunuh seorang siswi di Perhutani Jasinga, Bogor dan mendapat hukuman seumur hidup dari Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.