Jadi MVP Finals, LeBron James: Saya Bawa Tim Ini ke Tempat yang Layak

Jadi MVP Finals, LeBron James: Saya Bawa Tim Ini ke Tempat yang Layak

Terbaiknews - Superstar Los Angeles Lakers LeBron James terpilih sebagai MVP Finals 2020. (ESPN)

JawaPos.com-LeBron James menjadi inspirator utama keberhasilan Los Angeles Lakers menjadi juara NBA 2020. Ini adalah gelar pertama Lakers dalam satu dekade terakhir.

Di final, Lakers mengalahkan Miami Heat dengan skor 4-2. Dalam game keenam yang berlangsung di Adventhealth Arena Orlando, Florida hari ini (12/10) WIB, Lakers membantai Heat dengan skor 106-93.

Pada pertandingan ini, LeBron tampil luar biasa dengan catatan triple-double yakni 28 poin, 14 rebound, dan 10 assist. Inilah triple-double ketiga LeBron sepanjang final 2020.

  • LeBron James Tampil Sensasional, Los Angeles Lakers Juara NBA 2020

Penampilan solid LeBron membuatnya terpilih menjadi MVP Finals. Total, LeBron sukses menjadi juara NBA empat kali pada 2012, 2013, 2016, dan 2020. Dan dalam periode itu, LeBron selalu terpilih sebagai MVP Finals.

“Ini sangat berarti banyak bagi saya. Sangat berarti karena saya bisa menjadi representasi franchise ini,” kata LeBron dalam wawancara setelah penyerahan trofi MVP Finals.

“Saya mengatakan kepada Jeanie (Buss pemilik Lakers, Red) ketika saya datang untuk kali pertama ke tim ini. Saya mengatakan akan membawa tim ini ke tempat mereka semula, tempat yang layak, tempat yang harusnya mereka tempati. Sebab, bermain dalam tim ini adalah hal yang sangat luar biasa bagi saya,” imbuhnya.

Berdasarkan data ESPN, LeBron menyamai rekor Michael Jordan sebagai pemain yang pernah menjadi MVP Finals setidaknya sebanyak empat kali. Jordan sendiri enam kali terpilih sebagai MVP Finals.

LeBron adalah pemain pertama yang memenangkannya bersama tiga tim berbeda. Sebelumnya LeBron jadi MVP ketika bersama Cleveland Cavaliers dan Miami Heat (dua kali).

Dia juga menjadi pemain keempat yang meraih MVP Finals dengan usia minimal 35 tahun. Tiga legenda lainnya adalah Jordan, Kareem Abdul-Jabbar, dan Wilt Chamberlain. Desember mendatang, LeBron akan berumur 36 tahun.

Gelar juara tahun ini membuat Lakers mendulang 17 trofi NBA. Jumlah itu sama dengan pengumpul trofi terbanyak dalam sejarah, Boston Celtics. “Selama ini saya tidak pernah absen dalam playoff. Dan hal yang terbaik yang bisa kamu lakukan untuk rekan setimmu adalah kamu selalu ada untuk mereka,” tandasnya.