Isu Liar Prabowo Pakai Jasa Pelobi Demi Bisa ke AS, Benarkah?

Isu Liar Prabowo Pakai Jasa Pelobi Demi Bisa ke AS, Benarkah?

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Menteri Pertahanan Indonesia Letnan Jenderal TNI (Purn)ÂPrabowo...

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pertahanan Indonesia Letnan Jenderal TNI (Purn)ÂPrabowo Subianto Djojohadikusumo akan melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS) pada 15 Oktober hingga 19 Oktober 2020. Kunjungan Prabowo bertujuan untuk memenuhi undangan Menteri Pertahanan AS Mark Esper.
Namun, beberapa hari jelang kunjungan Prabowo ke Negeri Paman Sam, Direktur South East Asia Programme Lowy Institute Benjamin Bland mengungkapkan kalau Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya itu menggunakan jasa pelobi. Hal tersebut diungkapkan Ben via akun Twitter-nya @benjaminbland seperti dikutip CNBC Indonesia, Minggu (11/10/2020).
Menurut Ben, pelobi bernama James N Frinzi itu, direkrut sejak Desember 2019 lalu. Hal itu diketahui dari dokumen resmi Departemen Kehakiman AS.


Diketahui kalau Frinzi merupakan salah satu pelobi di Frinzi Associates. Seperti dikutip dari laman resmi Frinzi Associates, Frinzi memiliki riwayat kerja yang moncer di tengah industri lobi AS yang memang dilegalkan.


â&;¨Ia pernah bekerja bersama dua senator AS, yaitu Lisa Murkowski dan James Lankford. Secara rutin, Frinzi bekerja dengan Gubernur Texas Greg Abbott dan eks Gubernur Oklahoma Mary Fallin.
Mitra Frinzi lainnya adalah eks Gubernur Wisconsin Scott Walker. Ia mengerjakan kampanye ketiga gubernur di atas dan dianggap sebagai penasihat terpercaya. â&;¨Fakta lain yang tidak kalah menarik adalah Frinzi juga bekerja dengan Wakil Presiden AS saat ini Mike Pence beserta penasihat kebijakannya.