Istana: Hasil Tes Swab Presiden Jokowi Negatif COVID-19

Istana: Hasil Tes Swab Presiden Jokowi Negatif COVID-19

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan Presiden Joko...

Jakarta, IDN Times - Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo tidak terinfeksi COVID-19. Berdasarkan tes usap yang dilakukan Jokowi pada Jumat, 24 Juli 2020 hasilnya menunjukkan negatif.

“Hasilnya bagus. Alhamdulillah bapak (Jokowi) sehat, hasil swab negatif. Terima kasih atas doanya,” kata Heru lewat keterangan tertulisnya pada Sabtu (25/7/2020).

Bagaimana dengan hasil tes ibu negara Iriana Jokowi?

1. Ibu Negara Iriana juga dinyatakan negatif dari COVID-19

Istana: Hasil Tes Swab Presiden Jokowi Negatif COVID-19IDN Times / Larasati Rey

Jokowi juga mengonfirmasi soal hasil tes usapnya yang negatif ketika berolahraga pagi denganmengayuh sepeda di area Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada hari ini. Ia juga menyampaikan hasil tes usap istrinya, Iriana.

"Tadi malam sudah keluar hasil tes swab-nya. Alhamdulillah negatif (COVID-19). Ibu (Iriana) juga negatif," kata Jokowi dikutip dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

2. Jokowi memastikan dirinya dalam keadaan sehat

Istana: Hasil Tes Swab Presiden Jokowi Negatif COVID-19Presiden Jokowi bersama dengan Istrinya Ibu Iriana (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, Jokowi melakukan tes usap usai bertemu dengan Wakil Wali Kota Solo Acmad Purnomo pada Kamis, 16 Juli 2020 yang belakangan dinyatakan positif COVID-19. Achmad kemudian melakukan isolasi mandiri di rumah karena masuk dalam kelompok Orang Tanpa Gejala. Kendati sempat kontak dengan Purnomo, mantan Wali Kota Solo itu merasa kondisinya sehat.

"Alhamdulillah sehat-sehat saja. Pagi hari ini saya berolahraga, bersepeda, agar badan lebih sehat lagi sehingga imunitas tubuh menjadi lebih baik," ujarnya.

3. Achmad Purnomo dinyatakan positif COVID-19 usai bertemu Jokowi di Istana

Istana: Hasil Tes Swab Presiden Jokowi Negatif COVID-19Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo. IDN Times/Larasati Rey

Purnomo melakoni tes swab sebanyak dua kali. Yang pertama ia lakukan pada Jumat, 17 Juli 2020 atau usai bertemu dengan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo di Jakarta. Hasil tes menunjukkan ia negatif.

Tes PCR kedua dilakukan pada Sabtu, 18 Juli 2020 di rumahnya, Jalan Bhayangkara Nomor 23 Panularan Serengan, Solo. Tes dilakukan dari arahan Dinas Kesehatan Surakarta. Hasilnya positif.

Dalam sepekan terakhir, Purnomo sempat mengikuti sejumlah agenda Pemkot Solo seperti Rapat Paripurna di DPRD Kota Solo, Rabu, 22 Juli 2020 juga rapat bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Surakarta, Kamis, 23 Juli 2020.

Usai rapat dengan OJK, ia mendapati kabar bila dirinya terkonfirmasi positif virus corona dan langsung menjalani isolasi mandiri di rumah.