Intip Daftar Gaji PNS, dari Jenjang Terbawah sampai Eselon I

Intip Daftar Gaji PNS, dari Jenjang Terbawah sampai Eselon I

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparat Sipil Negara (ASN)...

Jakarta, CNBC Indonesia - Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparat Sipil Negara (ASN) adalah salah satu pekerjaan yang diinginkan banyak orang. Sebab, menjadi abdi negara dinilai pekerjaan yang akan menjamin kehidupan hingga tua.

Selain itu, seorang PNS bisa mendapatkan penghasilan besar setiap bulanÂkarena berbagai penghitungan berbagai tunjangan.

Apalagi saat ini, komponen gaji PNS sedang dalam perombakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Nantinya, penghasilan PNS yang sebelumnya terdiri dari banyak komponen, disederhanakan menjadi hanya terdiri dari komponen gaji dan tunjangan.


Formula gaji PNS yang baru akan ditentukan berdasarkan beban kerja, tanggung jawab, dan risiko pekerjaan. Sementara untuk formula tunjangan PNS meliputi tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan.

Kemudian, rumusan tunjangan kinerja didasarkan pada capaian kinerja masing-masing PNS. Sedangkan rumusan tunjangan kemahalan didasarkan pada indeks harga yang berlaku di daerah masing-masing.

Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian BKN Hayomo Dwi Putranto mengatakan pihaknya tengah mempercepat perumusan kebijakan sebagai bagian dari proses gaji PNS, salah satunya dengan melakukan reformasi sistem pangkat dan penghasilan. Termasuk di dalamnya gaji dan tunjangan, serta fasilitas PNS.

"Apakah tahun depan berlaku, ini masih dalam pembahasan sambil menunggu semua persyaratan terpenuhi. Terlebih sekarang pemerintah fokus kepada penanganan Covid-19," ujar di Jakarta, belum lama ini.

Aturan baru gaji PNS, kata Hayomo akan berlaku bila semua instansi sudah melakukan tiga hal sesuai amanat Peraturan Pemerintah (PP) Manajemen PNS. Pertama adalah seluruh instansi sudah melakukan penyusunan analisa jabatan sesuai perkembangan yang ada saat ini.

Kedua, semua instansi sudah selesai melakukan evaluasi jabatan sehingga untuk semua jabatan yang ada di instansi itu harus punya kelas jabatan. Ketiga, anggaran sudah disesuaikan dengan kemampuan keuangan negara.

NEXT: Daftar gaji para PNS sesuai hierarki

Berita dengan kategori