Ini Dia 10 Pasukan Khusus Terbaik Dunia

Ini Dia 10 Pasukan Khusus Terbaik Dunia

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Detasemen Jalamangkara (Denjaka) mendapat pujian dari Menko Polhukam...

Jakarta, CNBC Indonesia - Detasemen Jalamangkara (Denjaka) mendapat pujian dari Menko Polhukam Mahfud MD. Denjaka adalah satuan di bawah TNI Angkatan Laut yang ditugaskan untuk misi khusus seperti penanggulangan terorisme.

"Saya sangat bangga kepada prajurit Denjaka baik yang bertugas di dalam maupun di luar negeri. Karena selain menjadi prajurit yang perkasa dan disegani dunia, Denjaka telah menorehkan prestasi gemilang baik penumpasan pemberontakan di dalam negeri, operasi pembebasan sandera di mancanegara, dan penumpasan aksi ekstrimis. Sederet prestasi ini membanggakan dan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia," papar Mahfud.


Setiap negara (kecuali yang tidak punya angkatan bersenjata seperti Liechtenstein atau Andorra) tentu punya yang namanya pasukan khusus. Bahkan di antaranya sudah menjalankan operasi di negara lain dan mendapatkan pengakuan dunia.

Mengutip Business Insider, berikut adalah sejumlah pasukan khusus terbaik dunia:

1. MARCOS (India)

Pasukan khusus asal Negeri Bollywood ini dilatih terjun payung dari ketinggian ekstrem (Halo/Haho) dan dibekali dengan persenjataan terbaik. MARCOS juga kerap berlatih dengan pasukan khusus dari negara-negara lain seperti US Navy SEALs (Amerika Serikat/AS) dan Special Air Service/SAS (Inggris). Para anggota MARCOS dilatih untuk bertempur di dalam air sembari membawa peralatan lengkap.

2. Special Services Group/SSG (Pakistan)

Anggota SGS dilatih untuk mampu berlari sejauh 5 mil dalam 15 menit sambil membawa peralatan lengkap. SGS terlibat dalam sejumlah misi penting seperti dalam pertempuran India-Pakistan dan Uni Soviet Afganistan.

SGS juga berhasil membebaskan sandera di pesawat Pan AM Flight 73 yang dibajak tanpa kerusakan berarti. Namun yang paling impresif adalah SGS berhasil membebaskan bus sekolah yang dibajak hanya dalam waktu 20 detik.

3. National Gerndarmerie Intervention Group/GIGN (Prancis)

Misi GIGN sudah berskala internasional, dari pembebasan sekolah di Djibouti hingga menangkap penjahat perang Bosnia. Anggotanya hanya 200, tetapi sudah cukup untuk membuat perompak Somalia kencing di celana.

Pada 1979, GIGN dan militer Arab Saudi berhasil menumpas ekstremis yang menguasai Masjidil Haram di Mekah. Demi menyelamatkan sandera, tiga komandan GIGN bersedia menjadi mualaf karena Kota Suci hanya boleh dimasuki oleh muslim.

4. Green Berets (Amerika Serikat/AS)Â

Moto satuan ini adalah De Oppreso Liber (membebaskan mereka yang tertindas). Penembak jitu dari kesatuan ini adalah salah satu yang paling disegani di seluruh dunia. Operasi Green Berets bervariasi, mulai dari menjaga perdamaian hingga menumpas kartel narkotika.

5. Sayeret Matkal (Israel)

Kesatuan ini dilatih khusus untuk kontra-terorisme. Anggotanya dikenal memiliki keunggulan fisik dan intelejensi di atas rata-rata.