Ini Daftar 13 Penasihat yang Diangkat oleh KSP Moeldoko

Ini Daftar 13 Penasihat yang Diangkat oleh KSP Moeldoko

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengangkat 13 penasihat di Kantor Staf...

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengangkat 13 penasihat di Kantor Staf Presiden. Ke-13 penasihat itu sudah menerima surat keputusan (SK) sejak 3 Februari 2020 lalu.

Mengenai pengangkatan ke-13 penasihat Moeldoko tersebut, rupanya Presiden Joko "Jokowi" Widodo enggan menanggapi lebih jauh. Ia hanya mengatakan bahwa hal itu bisa ditanyakan langsung kepada Moeldoko.

"Kalau urusan di kementerian/lembaga tanyakan langsung (ke kementerian atau lembaga yang bersangkutan)," kata Jokowi di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat pada Jumat (7/2).

Lalu, siapa saja 13 penasihat KSP ini?

1. 13 penasihat KSP sudah mulai bekerja sejak 4 Februari 2020

Ini Daftar 13 Penasihat yang Diangkat oleh KSP MoeldokoKepala Staf Kepresidenan Moeldoko memberikan keterangan pers di Gedung KSP, Jakarta Pusat, Kamis 6 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sebelumnya, Moeldoko membenarkan ia telah mengangkat 13 penasihat senior untuknya dan KSP.Ke-13 penasihat tersebut, kata Moeldoko, sudah mulai bekerja pada Selasa (4/2) lalu.

"Sudah ada penasihat senior. Selasa kemarin (mulai kerja)," kata Moeldoko di Gedung KSP, Jakarta Pusat, Kamis (7/2).

2. Daftar ke-13 penasihat yang diangkat oleh KSP

Ini Daftar 13 Penasihat yang Diangkat oleh KSP MoeldokoKepala Staf Kepresidenan Moeldoko memberikan keterangan pers di Gedung KSP, Jakarta Pusat, Kamis 6 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Adapun ke-13 penasihat yangdiangkat oleh Moeldoko terdiri dari mantan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, mantan Menteri Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia Manuel Kaisiepo, mantan Menteri Pertambangan dan Energi Kuntoro Mangkusubroto, mantan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, dan Guru Besar Hukum Pidana UGM Edward O.S. Hiariej.

Lalu ada Guru Besar Hukum Agraria UGM Maria SW Sumardjono, lalu Dosen FISIP UGM Kuskridho Ambardi dan Komisaris Utama Mayapada Healthcare Jonathan Tahir, Pemilik grup Garuda Food Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto, dan Sosiolog Universitas Indonesia Imam Prasodjo.

Selanjutnya juga ada Direktur Human Capital Management (HCM) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Edi Witjara,anggota Dewan Pengarah UN-CERF Rachmawati Husein, dan peneliti Pusat Kajian Etnografi Komunitas Adat (Pustaka) Yando Zakaria.

3. Guru Besar Hukum dari UGM Eddy Hiariej ikut diangkat jadi penasihat KSP

Ini Daftar 13 Penasihat yang Diangkat oleh KSP Moeldoko(Pengajar di UGM Yogyakarta, Edward Omar Syarief Hiariej) ANTARA FOTO/Aprilia Akbar

IDN Times sempat menghubungi salah satu penasihat KSP yakni guru besar hukum dari Universitas Gadjah Mada, Edward Omar Syarief Hiariej pada Jumat (7/2) melalui pesan pendek. Pria yang akrab disapa Eddy itu membenarkan ia sudah diangkat menjadi penasihat KSP sejak awal bulan ini.

"Iya, saya sudah bekerja sejak awal Februari 2020," kata Eddy melalui pesan pendek.

Menurutnya, sebagai penasihat KSP, ia tidak perlu meninggalkan kampus dan terbang ke Jakarta.

"Saya bisa bekerja dari mana saja dan tugas saya memberi nasihat di bidang hukum baik diminta atau tidak," tutur dia lagi.

http://onelink.to/s2mwkb