Ini Bukti PPKM Hancurkan Ekonomi dan Kasus Covid Tetap Kacau

Ini Bukti PPKM Hancurkan Ekonomi dan Kasus Covid Tetap Kacau

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) memakan...

Jakarta, CNBC Indonesia - Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) memakan korban. Dimulai pada 11 Januari 2021, kebijakan ini telah terbukti membuat ekonomi Indonesia terluka, sementara hasil yang diinginkan yaitu penurunan kasus positif corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) belum terwujud.

Dalam PPKM tahap I (11-25 Januari 2021), pusat perbelanjaan hanya boleh beroperasi hingga pukul 19:00 WIB. Kemudian diperlonggar dalam PPKM tahap II (26 Januari-8 Februari 2021) menjadi maksimal pukul 20:00.


Kemudian dalam PPKM tahap I dan II, restoran hanya boleh melayani pengunjung yang makan-minum di tempat maksimal 25% dari kapasitas. Kini dengan PPKM terbaru (yang diberi nama PPKM Mikro), kapasitas maksimal dinaikkan menjadi 50%.

Lalu ada soal kehadiran karyawan perkantoran. PPKM tahap I dan II mensyaratkan karyawan yang bekerja dari rumah (work from home) setidaknya 75%. Dalam PPKM Mikro, dikurangi menjadi 50%.

Sedikit demi sedikit pemerintah memang melonggarkan PPKM. Namun sampai akhir Januari, yang berlaku adalah PPKM tahap I dan II yang lebih ketat ketimbang PPK Mikro.

PPKM menyebabkan aktivitas dan mobilitas masyarakat terbatas. Ini membuat masyarakat jadi kurang percaya diri dalam memandang perekonomian.

Halaman Selanjutnya >> Konsumen Tak Pede Memandang Perekonomian

Berita dengan kategori