Ini 3 Tren Teknologi Pendidikan di 2021 Versi Ruangguru

Ini 3 Tren Teknologi Pendidikan di 2021 Versi Ruangguru

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Pendiri dan Direktur Produk dan Kerja Sama RuangguruIman Usmanmenyampaikan...

Jakarta, IDN Times - Pendiri dan Direktur Produk dan Kerja Sama Ruangguru, Iman Usman, menyampaikan prediksinya mengenai tren yang akan terjadi di dunia teknologi pendidikan sepanjang 2021 ini.

Menurut Iman, setidaknya ada tiga yang akan tetap menjadi tren tahun ini, terutama masih dalam kondisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) imbas pandemik COVID-19.

Hal ini disampaikan Iman dalam konferensi pers daring Laporan Dampak Ruangguru 2020 lewat aplikasi Zoom, Rabu (3/2/2021).

1. Penggunaan artificial intelligence masih akan populer

Ini 3 Tren Teknologi Pendidikan di 2021 Versi RuangguruPendiri dan Direktur Produk dan Kerja Sama Ruangguru Iman Usman dalam Konferensi Pers Daring Laporan Dampak Ruanguru 2020 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Menurut Iman, penggunaan artificial intelligence masih akan menjadi trend di dunia teknologi pendidikan sepanjang 2021 ini. Penggunaan kecerdasan rekayasa ini juga ternyata sudah diterapkan oleh Ruangguru.

"Ini kita sudah memulai penggunaan kecerdasan rekayasa ini dalam berbagai produk dan layanan Ruangguru yang ada," ujar Iman.

Dalam produk layanan Ruangguru, pengguna tak hanya mengakses konten saja namun akan mendapat rekomendasi cerdas terkait konten yang dinilai sesuai kebutuhan siswa.

2. Fitur Roboguru akan jadi salah satu tren

Ini 3 Tren Teknologi Pendidikan di 2021 Versi RuangguruRuangguru (Website/ruangguru.com)

Di Ruangguru sendiri, ada satu fitur yang menurut Iman akan terus menjadi tren sepanjang tahun. Fitur ini dinilai sangat membantu siswa.

"Bagaimana membuat sistem Roboguru membantu anak menyelesaikan masalah-masalah sulit yang dia temukan ketika belajar," ujar Iman.

Ketika pengguna menemukan pertanyaan yang dirasa sulit, pengguna dapat mengambil gambar dari soal lewat foto lalu mengunggah ke fitur yang disiapkan.

Menurut Iman, nantinya Roboguru akan menyediakan jawaban dan penjelasan cara menyelesaikan masalah tersebut.

3. Penerapan teknologi pendidikan untuk dunia kerja atau dunia usaha

Ini 3 Tren Teknologi Pendidikan di 2021 Versi Ruangguru

Pemberlakuan pembelajaran daring yang kini masih berjalan diyakini Iman akan memberi implikasi terhadap peningkatan skill atau kemampuan dunia kerja.

Ruangguru sendiri telah memiliki fitur RuangKerja dan Skill Academy untuk menjawab permasalahan ini.

"Tahun 2021 ini akan melakukan banyak kerja sama dengan universitas," ujar Iman.

Program bimbingan karier juga akan diberikan dengan harapan dapat membantu siswa atau mahasiswa siap masuk ke dunia kerja.

Berita dengan kategori