Ingin Semua Wilayah Zona Hijau, PSBB Tangerang Raya Diperpanjang Lagi!

Ingin Semua Wilayah Zona Hijau, PSBB Tangerang Raya Diperpanjang Lagi!

Terbaiknews - SerangIDN Times - Gubernur Banten Wahidin Halim kembali memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala...

Serang, IDN Times - Gubernur Banten Wahidin Halim kembali memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di 3 wilayah Tangerang Raya selama 14 hari ke depan.

Wahidin mengatakan,perpanjangan PSBB ini dilakukan karena pihak PemprovBanten mempertimbangkan aspirasi masyarakat, salah satunya aspirasi agar ekonomi tetap berjalan.

Wahidin juga menegaskan, target Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Banten adalah wargaBanten sadar protokol kesehatan.

1. Gubernur ingin Banten masuk zona hijau secara utuh

Ingin Semua Wilayah Zona Hijau, PSBB Tangerang Raya Diperpanjang Lagi!IDN Times/Khaerul Anwar

Wahidin menekankan, prinsip awal perpanjangan PSBB untuk membawa Provinsi Banten menjadi zona hijau seutuhnya.

"Jangan sampai diberikan kelonggaran menjadi pelanggaran," kata Wahidin dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/8/2020).

Perpanjangan PSBB dan penegakan hukum yang menyertainya, imbuh Wahidin, harus mempertimbangkan aspirasi masyarakat. Meski kesadaran masyarakat sudah cukup tinggi,tapi ada juga kelompok atau beberapa orang yang belum sadar sehingga harus menjadi perhatian.

"Kita perpanjang dengan beberapa tekanan atau catatan. Kita perpanjang dengan beberapa pengecualian atau kita cabut perpanjangan. Tergantung keyakinan kita," ungkap Gubernur Banten.

2. Wahidin minta screening COVID-19 digencarkan

Ingin Semua Wilayah Zona Hijau, PSBB Tangerang Raya Diperpanjang Lagi!Senam pernapasan massal bagi survivor COVID-19 oleh Pemkot Surabaya, Sabtu (25/7/2020). Dok BPB dan Linmas Surabaya

Di sisi lain, Wahidin menilai bahwa perlu ada upayakarantina dan screeningCOVID-19 bagi warga yang datang dari luar Provinsi Banten untuk mencegah munculnya klaster baru.

Untuk mencegah munculnya klasterdi Banten, dia juga berharap Bupati dan Wali Kota bisa memantau dan menilaisarana kesehatan dan sarana properti pondok pesantren untuk buka kembali.

Sementara itu, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, dari data yang telah dipaparkan Dinas Kesehatan Provinsi Banten, menjadi kabar baik terkait dengan penurunan kasus yang ada. Untuk penyebaran di tingkat nasional Provinsi Banten berada di peringkat 13 setelah pada minggu sebelumnya berada di peringkat 12.

3. Tiga kepala daerah Tangerang minta PSBB diperpanjang

Ingin Semua Wilayah Zona Hijau, PSBB Tangerang Raya Diperpanjang Lagi!Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah (ISTIMEWA)

Dalam keterangan tertulis itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar juga meminta PSBB tetap dilanjutkan dengan pelonggaran-pelonggaran tertentu. Dengan demikian, masyarakat tetap bisa beraktivitas asal mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Sementara itu, Wali kota Tangerang Arief R Wismansyah mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pengawasan ketat, memberikan izin operasional rumah ibadah yang telah menerapkan protokol kesehatan, mengizinkan mal, pusat perbelanjaan, restoran, kafe yang sudah menerapkan protokol kesehatan untuk kembali beroperasi.

Selain itu, imbuhnya, Pemkot Tangerang meluncurkan aplikasi bernama Aman Bersama, serta menggelar operasi Aman Bersama dengan melibatkan seluruh pegawai Pemerintah Kota Tangerang.

Sedangkan Wali kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan,perpanjangan PSBB di wilayahnya fokus pada kedisiplinan masyarakat, Tangerang Selatan.

4. Banten masih jadi zona kuning COVID-19

Ingin Semua Wilayah Zona Hijau, PSBB Tangerang Raya Diperpanjang Lagi!Instagram.com/pemprov.banten

Diberitakan sebelumnya di IDNTimes, Banten mengklaim masuk zona kuning setelah Tangerang Raya keluar dari zona merah per 8 Juli 2020 lalu. Kepala Dinas Kesehatan yang juga Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Pemprov Banten Ati Pramudji H menjelaskan, belum ada wilayah Banten yang masuk zona hijau.

"Karena untuk mencapai zona hijau harus tidak ada kasus selama 4 minggu berturut-turut. Namun demikian untuk tingkat kecamatan ada beberapa kecamatan yang masuk ke dalam zona hijau yang tersebar di 8 kabupaten/kota Provinsi Banten," paparnya.