Ingat, Peran Penting Kaca Film saat Berkendara di Musim Hujan

Ingat, Peran Penting Kaca Film saat Berkendara di Musim Hujan

Terbaiknews - Harus diketahuibahwa kaca mobil yang berembun ketika hujan memang mengganggu pandangan pengemudi serta dapat berakibat bahaya. Pandangan jadi buram (Ilustrasi)

–Berkendara pada saat cuaca hujan tentu penuh risiko, lantaran kecelakaan kerap terjadi. Kondisi jalan licin, ada potensi terbentuknya genangan air sehingga dapat mengakibatkan aquaplaning (tergelincir).

Selain menjaga kondisi ban, menggunakan wiper yang masih bagus dan menjaga kecepatan, juga penting memperhatikan kaca film di mobil.

Hal ini penting, karena alasan visibilitas saat berkendara di musim hujan jelas sangat berbeda dengan kondisi cuaca normal.

Visibilitas yang baik selain nyaman untuk pengemudi juga menjadi faktor penentu keselamatan berkendara. Pandangan yang terbatas bisa menambah resiko untuk terjadi kecelakaan.

Menurut Head of Aftersales PT. V-KOOL Indo Lestari, Billy Susanto, sangatlah penting untuk memperhatikan soal visibilitas. Karena ini yang membuat pengemudi bisa fokus dalam berkendara.

“Kalau visibilitas tidak bagus, maka otomatis membuat kewaspadaan berkendara akan berkurang. Makanya kami di V-Kool sangat serius memperhatikan visibilitas yang bagus dari sisi kabin dalam segala kondisi,” ujar Billy kepada JawaPos.com, Senin (1/2).

Beberapa hal jadi perhatian besar V-Kool untuk membuat agar berkendara tetap nyaman dalam segala kondisi. Billy Susanto memberikan beberapa tips untuk memastikan kaca mobil tak berembun saat berkendara.

Harus diketahui, bahwa kaca mobil yang berembun ketika hujan memang mengganggu pandangan pengemudi serta dapat berakibat bahaya. Pandangan jadi buram sehingga Anda sulit melihat dengan jelas dan berpotensi menabrak.

AC yang tidak dapat menyala dengan maksimal membuat suhu kabin jadi sedikit lebih hangat ketimbang suhu luar sehingga embun menyelimuti kaca dalam. Anda sebaiknya tetap melakukan perawatan atau perbaikan mobil agar tidak ada lagi embun yang muncul.

Lakukan penggantian karet wiper yang sudah getas atau perbaiki AC apabila hembusannya sudah kurang sejuk.

Jaga kondisi kabin mobil selalu bersih dan kering dengan membersihkan karpet dek mobil secara teratur dan jangan lupa dijemur selama beberapa jam.

Karpet yang agak basah menyebabkan udara di kabin ikut lembab. Ini jadi salah satu penyebab munculnya embun di kaca.

Berikutnya adalah pemilihan kaca film yang benar. Pandangan yang buruk saat hujan turun sangatlah berbahaya. Jarak pandang pengemudi yang buruk seiring kian derasnya hujan menuntut pengemudi menjaga kewaspadaan saat mengemudi di musim hujan.

Pemilihan kaca film sangat penting. Terkadang saat hujan, pandangan terganggu oleh kaca film yang terlalu gelap ataupun buram. Pastikan kaca film Anda berkualitas baik, sehingga kejelasan daya pandang yang dihasilkan tidak berkurang.

Pilihlah kaca film yang berkualitas, dengan tingkat kegelapan tidak lebih dari 40% untuk kaca depan, penggunaan kaca film dengan kegelapan diatas 40% bisa mengurangi pandangan terutama jika malam hari dan atau pada saat hujan.

Pada iklim dan panas tropis, kaca film V-Kool memberikan solusi. Teknologi spectrally selective secara pintar akan meneruskan cahaya tampak (Visible Light Transmission) dan menolak sinar infra merah dan ultra violet lebih dari 99%.

Teknologi spectrally selective secara efektif akan mengurangi panas matahari masuk ke dalam kabin namun tetap mempertahankan tingkat cahaya tampak yang tinggi masuk kedalam kabin.

Singkatnya, kaca film akan berpenampilan bening, namun menolak panas dengan sangat baik.Kaca film V-Kool dibuat dengan menggunakan material pilihan yang berkualitas premium dengan polyester terbaik.

Hanya 1% dari produksi polyester dunia memenuhi standar tinggi V-Kool sehingga menghasilkan kaca film bening terbaik.

Hal berikut yang harus dilakukan adalah merawat kaca film. Meskipun dipasang di bagian dalam, seringkali kaca film tersentuh tangan, sehingga film berminyak.

Urusan merawat kaca film bukan perkara yang sulit. Anda cukup membersihkannya secara rutin. Cara ini pun tidak membutuhkan cairan khusus.

Karena jika menggunakan cairan khusus justru berpotensi merusak kaca film, mengingat biasanya mengandung zat tertentu di dalamnya. Sebaiknya bersihkan saja menggunakan air biasa.

Kalau ada noda, bisa dibasahkan dengan air lalu dilap hingga bersih dan kering.Pemilihan lap yang tepat juga patut diperhatikan.

Karena sebaiknya menggunakan lap yang lembut dan bersih tersendiri dan tidak sama dengan yang digunakan untuk membersihkan bagian bodi mobil. Semoga bermanfaat.

Berita dengan kategori