Infeksi Virus Corona Tanpa Gejala Pada Anak Muda dan Pentingnya Social Distancing

Infeksi Virus Corona Tanpa Gejala Pada Anak Muda dan Pentingnya Social Distancing

Terbaiknews - KOMPAS.com -Virus coronaCovid-19 masih terus berkembang dan telah menyebar ke sebagian besar wilayah...

KOMPAS.com -Virus coronaCovid-19 masih terus berkembang dan telah menyebar ke sebagian besar wilayah di dunia.

Penyakit ini menginfeksi saluran pernapasan dan dapat menyerang semua orang dari seluruh kelompok usia, tanpa terkecuali.

Mengutip keterangan pada laman Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC), https://cdc.gov/, gejala akan mulai ditunjukkan dalam waktu 2-14 hari setelah seseorang terpapar virus.

Namun, tidak jarang pada kasus-kasus tertentu, orang yang terinfeksi Covid-19 tidak menunjukkan gejala klinis sama sekali.

Terinfeksi dan tidak menunjukkan gejala

MelansirDW, sebuah informasi yang dikeluarkan oleh pemerintah China dan dilaporkan di surat kabarSouth Morning China Post (SCMP)menyebutkan adanya sejumlahsilent carier, yaitu orang-orang yang dikonfirmasi positif Covid-19 tetapi tidak menunjukkan gejala apapun.

Adapun persentasenya dapat mencapai 30 persen.

Data tersebut dikonfirmasi oleh kelompok ahli di Jepang yang dipimpin oleh seorang ahli epidemi di Hokkaido University, Hiroshi Nishiura.

Di antara pasien-pasien Jepang yang dievakuasi dari Wuhan, 30,8 persen di antaranya dilaporkan tidak menunjukkan gejala.

Luasnya Lahan TPU Tegal Alur Jadi Pertimbangan Lokasi Pemakaman Pasien Covid-19

Kemudian, dilakukan pula penelitian oleh beberapa peneliti dari sejumlah institusi, yaitu Kejni Mizumoto dan Katsushi (Kyoto University), Alexander Zarebski (Oxford University), dan Gerardo Chowell (Georgia State University).

Mereka menganalisis data dari wabah Covid-19 yang terjadi di kapal pesiar Diamond Princess.