Indonesia dan China Nothing! Vietnam Juara Ekonomi 2020

Indonesia dan China Nothing! Vietnam Juara Ekonomi 2020

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Pertumbuhan Ekonomi Vietnam pada kuartal IV-2020 tumbuh hingga 4,48% 2020....

Jakarta, CNBC Indonesia - Pertumbuhan Ekonomi Vietnam pada kuartal IV-2020 tumbuh hingga 4,48% 2020. Secara keseluruhan negara tersebut mencatatkan pertumbuhan 2,91% di 2020 secara yoy.
Di kuartal IV-2020 sendiri, pertumbuhan PDB Vietnam terutama didorong oleh sektor pertanian, kehutanan dan perikanan (4,69%); industri dan konstruksi (5,60%) serta sektor jasa (4,29%).

Melansir CNBC International, Vietnam digadang-gadang menjadi ekonomi Asia dengan kinerja terbaik pada tahun 2020. Bahkan mengalahkan China dan Taiwan, yang juga sukses melawan corona (Covid-19).

Prestasi ini dapat dicapai karena negeri itu benar-benar tak mencatat kontraksi (negatif) selama tahun lalu (dari Q1 hingga Q4). Padahal banyak negara terseok-seok dalam perlambatan bahkan terjerumus resesi.


Menurut perkiraan pemerintah pada Desember, pertumbuhan Vietnam secara tahunan adalah 2,9% di sepanjang 2020. Ini lebih baik dibanding China, yang ekonominya diprediksi 2,3% di periode yang sama.

Dalam data IMF World Economic Outlook hal ini juga terlihat. Di mana dari tugas negara yang mencapai pertumbuhan positif di Asia, Vietnam melaju paling depan, disusul Taiwan dan China.

Sementara sisanya negatif. Antara lain Pakistan, Korea Selatan, Indonesia, Jepang, Singapura, Malaysia, Thailand, India dan Filipina, yang terpukul paling dalam.

Indonesia dan China Nothing! Vietnam Juara Ekonomi 2020Foto: 2020 GDP

"Dengan performa ini, Vietnam menjadi salah satu dengan pertubuhan tertinggi selama setahun di mana belahan dunia lain jatuh ke dalam resesi dalam," ujar ekonom dari Bank of America Global Research dalam laporannya bulan ini.

Mengutip dari Timvest, pertumbuhan ekonomi Vietnam memang diramal hanya akan berada di kisaran 2,91% tahun 2020. Ini merupakan pertumbuhan terendah selama 30 tahun.
Badan Statistik Vietnam (GSO) setempat menulis ekonomi di kuartal IV 2020 sebesar 4,48%. Meski demikian ini masih dianggap suatu kesuksesan bagi negara itu, di tengah pandemi.

"Dalam konteks pembangunan yang kompleks di tengah pandemi corona (Covid-19) yang berimplikasi pada situasi sosio ekonomi, ini adalah kesuksesan bagi Vietnam," kata GSO.

Halaman Selanjutnya >> Kekuatan Vietnam

Berita dengan kategori