Hoax Bekas Luka karena Vaksin Covid-19

Hoax Bekas Luka karena Vaksin Covid-19

Terbaiknews - ISUdampak aneh-aneh vaksin Covid-19 mulai beredar di media sosial. Salah satunya dilengkapi foto...

ISUdampak aneh-aneh vaksin Covid-19 mulai beredar di media sosial. Salah satunya dilengkapi foto tubuh warga kulit hitam yang penuh bekas luka. Foto itu diberi keterangan bahwa masyarakat Zimbabwe telah terkena penyakit kulit berair setelah menggunakan vaksin Covid-19 asal Tiongkok.

”Akibat Suntik Vaksin dari Cina, Masyarakat Zimbabwe Terkena Penyakit Kulit Ber Air. NEGARA ZIMBABWE adalah Negara yang di Kuasai sama Negara Tiongkok (Cina Komunis), Mata Uang Negara Zimbabwe, Memakai Mata Uang yang Syah adalah Mata Uang Cina = Yuan! Kemungkinan Besar Negara Indonesia Bisa Terjadi Seperti Zimbabwe,” begitu narasi ngawur yang diunggah akun Facebook Tim Tim Surau Suhatri Ramang pada 20 November 2020 (bit.do/PenyakitKulit).

Saat ditelusuri dengan menggunakan situs padanan gambar, foto itu ternyata tidak ada kaitannya dengan vaksin Covid-19. Malah sudah beredar jauh sebelum pandemi virus korona melanda hampir seluruh penjuru dunia. Foto tersebut pernah diunggah portal berita dailyamail.co.uk pada 11 Mei 2017. Bukan tentang warga Zimbabwe, melainkan Ethiopia.

  • Produsen Hoax Pakai Video Lawas Penolakan FPI di Semarang

Menurut Dailymail, luka di punggung orang dalam foto itu merupakan akibat tradisi cambuk pada suku Hamar di Ethiopia. Lecutan cambuk tersebut ditujukan kepada perempuan suku Hamar untuk menunjukkan kecintaan mereka kepada pria melalui upacara rite of passage.

Ritual menyakitkan itu dilakukan sebelum upacara pernikahan berlangsung. Untuk menunjukkan rasa cinta kepada sang pria yang hendak menikahinya, para wanita harus rela mendapatkan sesuatu yang secara fisik sangat menyakitkan. Setelah melalui ritual tersebut, mereka berdua diizinkan menikah.

  • Hoax Penghargaan setelah Penurunan Baliho

Bekas luka di punggung itu dikatakan sebagai bukti pengorbanan untuk pria tersebut. Karena itu, setelah menikah, tidak mungkin bagi pria untuk menolak kebutuhan wanitanya, terlebih dalam masa-masa sulit atau darurat. Jadi, foto luka tersebut bukan karena vaksin. Anda dapat membacanya di bit.do/LukaBentukCinta.

FAKTA

Foto bekas luka di punggung warga kulit hitam itu bukan akibat vaksin Covid-19. Melainkan bekas luka ritual cambuk wanita suku Hamar di Ethiopia dalam tradisi Ukuli Bula.

Saksikan video menarik berikut ini: