[HOAKS] Hirup Uap Panas 2 Kali Sehari Mampu Menangkal Covid-19

[HOAKS] Hirup Uap Panas 2 Kali Sehari Mampu Menangkal Covid-19

Terbaiknews - hoaks!Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh iniinformasi ini tidak benar.KOMPAS.com –...
[HOAKS] Hirup Uap Panas 2 Kali Sehari Mampu Menangkal Covid-19

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com – Sebuah unggahan video yang menyebut uap panas dapat menangkal virus corona penyebab Covid-19 beredar di YouTube.

Melalui video yang diunggah akun Youtube, seorang laki-laki bernama Nilesh Jogal menyebutkan, dengan menghirup uap panas sebanyak dua kali sehari diyakini mampu menangkal virus.

Dari penelusuran Kompas.com, informasi yang disampaikan melalui video tersebut adalah tidak benar atau hoaks.

Narasi yang beredar

Sebuah di kanal Youtube JOGI Ayurved, mengunggah video dengan judul “Corona Prevention by Steam Inhalation.. Experience of JOGI Ayurved Hospital

Video tersebut menampilkan pendiri Rumah Sakit Ayurved JOGI Nilesh Jogal yang menceritakan bagaimana seluruh anggota stafnya terhindar dari infeksi Covid-19 dengan menghirup uap panas setiap hari.

“Praktiknya sangat sederhana, kamu perlu menghirup uap air murni melalui hidung dan hembuskan lewat mulut. Ini perlu kamu lakukan 10 kali. Kemudian lakukan sebaliknya, hirup melalui mulut dan keluarkan melalui hidung. Lakukan 10 kali. Seluruh proses hanya menghabiskan 2-3 menit,” ujar dia dalam video itu pada menit ke 1.53.

Pada akhir video, tepatnya pada menit ke 3.37, Nilesh Jogal menambahkan bahwa India akan bebas dari kasus Covid-19 bila menghirup uap panas 2 kali sehari.

“Beberapa dokter percaya, bahwa jika setiap orang di India menghirup uap dua kali sehari, hanya dalam tiga hari akan sulit menemukan kasus positif di seluruh India,” katanya.

Video berdurasi 4 menit 12 detik ini diunggah ulang oleh beberapa orang di Facebook.

Hal itu bisa dilihat di sinidan di sini.