Hindari Makanan Tak Sehat, Ini Pola Hidup yang Baik Untuk Jantung

Hindari Makanan Tak Sehat, Ini Pola Hidup yang Baik Untuk Jantung

Terbaiknews - Ilutrasi sakit jantung (NDTV)

JawaPos.com – Penyakit Jantung Koroner (PJK) disebabkan oleh terhambatnya aliran darah ke jantung akibat timbunan lemak. Maka salah satu untuk mencegahnya yakni dengan pola hidup sehat yaitu makan makanan sehat serta olahraga yang baik.

Dokter spesialis jantung Siloam Hospitals Sriwijaya, dr. Arief Aji Subakti SpJP FIHA Cardiologist menjelaskan daftar makanan apa saja yang baik dan sehat dikonsumsi untuk jantung.

“Cukupi asupan dengan kandungan karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatan tubuh,” katanya dalam Webinar Health Talk tentang pencegahan dan penanggulangan penyakit jantung koroner (PJK) baru-baru ini.

Misalnya seperti nasi, pasta, roti, kacang-kacangan, apel, wortel, dan pisang. Lalu sumber makanan yang mengandung protein antara lain telur, daging tanpa lemak, susu, oatmeal, brokoli dan beberapa makanan laut seperti ikan dan udang.

Selain mengonsumsi makanan di atas, berikut beberapa cara menjaga jantung tetap sehat:

Hindari makanan tak sehat

Hindari mengonsumsi makanan seperti daging olahan (hotdog, sosis, daging asap), kopi yang dicampur gula, margarin, makanan kaleng, dan camilan kemasan. Mengapa?

“Karena makanan tersebut dapat menyebabkan resiko penyakit kanker, diabetes, dan ginjal. Juga batasi berbagai makanan cepat saji,” jelasnya.

Berhenti merokok

Rokok merupakan zat adiktif yang bisa merusak semua organ. Karena itu merokok menjadi salah satu faktor risiko PJK.

Hindari stress

Mengenali kebiasaan dan penyebab stress, mengubah kebiasaan buruk saat stress, memperbaiki pola hidup, luangkan waktu untuk bersantai sejenak. Tetap berpikiran positif.

Kontrol kesehatan

Cek hipertensi, kolesterol dan gula darah. Lakukan kontrol hipertensi, kolesterol, dan gula darah dengan melakukan Medical Check Up (MCU) secara berkala.

Cegah Obesitas

Dengan melakukan pola makan sehat dan cukupi asupan kandungan karbohidrat, protein, dan serat yang berimbang.

Olahraga Teratur

Kenali status kesehatan anda sebelum memulai olahraga, sesuaikan kemampuan Anda dan jangan memaksakan diri.

Berita dengan kategori