Harus Tahu! Ini Waktu Tepat Ganti Oli Motor Matic

Harus Tahu! Ini Waktu Tepat Ganti Oli Motor Matic

Terbaiknews - Manfaat mengganti oli pada motor matic ini di antaranya adalah menjaga performa mesin agar selalu dalam kondisi prima. (Ilustrasi)

–Hal ini penting diketahui kalau ganti oli motor merupakan salah satu hal yang harus rutin dilakukan. Apalagi bagi Anda yang menggunakan motor matic, penggantian oli ini sangat penting .

Manfaat mengganti oli pada motor matic ini di antaranya adalah menjaga performa mesin agar selalu dalam kondisi prima. Artinya setiap Anda mengganti oli pada motor matic, maka performa mesin yang dihasilkan juga akan lebih bagus dan tentu lebih nyaman ketika digunakan.

Namun demikian, performa mesin ini juga akan ditentukan oleh jenis dan kualitas oli yang Anda gunakan. Semakin bagus kualitas oli, maka kondisi mesin Anda akan semakin baik pula ke depannya.

Manfaat lain dari penggantian oli motor ini adalah menjaga mesin motor agar selalu dalam keadaan bersih. Karena sering kali terjadi gesekan pada mesin yang memicu munculnya kotoran, maka oli yang tetap bagus kondisinya sangat diperlukan.

Bila tidak diganti, akan berakibat pada performa mesin kendaraan. Namun tak sedikit yang masih bingung kapan dan di jarak tempuh berapa oli tersebut perlu diganti. Lalu berapakah jarak tempuh ideal untuk mengganti oli motor matic?

Waktu Ganti Oli Berdasarkan Jarak Tempuh

Setiap 2000 KM

Motor matic sudah mencapai jarak 2000 km, usahakan untuk langsung mengganti oli dengan yang baru.

Karena oli yang ada di dalam motor dan sudah digunakan untuk jarak tempuh 2000 km tidak layak lagi dipakai karena bisa merusak komponen kendaraan.

Oli yang baru akan membuat motor matic Anda tetap dalam kondisi prima sehingga tidak akan mendadak mati ketika digunakan.

Setiap 3000 KM

Bila mencapai jarak tempuh 3000 KM oli juga harus diganti dengan yang baru. Jadi Anda harus sering mengecek speedometer untuk melihat berapa jarak tempuh yang sudah Anda lalui, apakah mencapai 3000 km atau belum. Jika sudah, langsung ganti olinya dengan yang baru.

Biasanya motor yang sudah menempuh jarak hingga 3000 km itu sudah dipakai kurang lebih 2 bulan. Jangan sampai jarak tempuh motor Anda sudah melebihi 3000 km oli nya baru diganti dengan yang baru.

Hal ini akan membahayakan motor Anda yang suatu saat tiba-tiba mati mendadak. Jika Anda orang yang mudah pelupa, usahakan untuk membuat catatan agar bisa rutin mengganti oli motor.

Penggantian Oli 2 Bulan Sekali Untuk Jarak Tempuh 20 – 50 KM

Mungkin Anda adalah tipe orang yang jarang keluar rumah, sehingga tidak terlalu sering memakai motor, mungkin hanya 20 sampai 50 kilometer saja.

Namun hal itu bukan menjadi alasan bagi Anda untuk tidak mengganti oli dengan yang baru. Anda harus tetap mengganti oli selama 2 bulan sekali.

Walaupun jarang dipakai, oli yang berada di dalam motor jika tidak segera diganti bisa merusak komponen dari kendaraan. Jadi agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima dan siap dipakai kapan saja dibutuhkan, Anda harus rutin menggantinya dengan oli baru.

Jika Dalam Satu Hari Kendaraan Menempuh Jarak 200 KM, Ganti 2 Minggu Sekali

Hati-hati jika Anda mengendarai motor dengan jarak tempuh mencapai 200 KM dalam sehari. Jika demikian, Anda harus mengganti oli selama dua minggu sekali.

Selalu pastikan bahwa setiap 200 KM oli Anda sudah harus langsung diganti. Jadi ketika hendak digunakan lagi, tidak akan tiba-tiba mati.

Agar kondisi motor Anda tetap dalam kondisi yang prima, pastikan untuk memilih jenis oli berkualitas. Jika asal memilih ketika hendak ganti oli motor, bisa saja kendaraan Anda tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Tidak apa membayar dengan harga mahal, asalkan olinya berkualitas baik.

Tanda-tanda Oli Motor Harus Segera Diganti

Anda harus lebih memperhatikan jika tanda-tanda atau kondisi ini sudah mulai muncul dan terasa. Dengan demikian perawatan terhadap oli motor pun akan lebih maksimal, dan motor Anda bisa lebih awet. Apalagi mengingat oli pada motor matic sangat penting peranannya. Berikut tanda yang dimaksud.

Tarikan Terasa Berat
Tarikan yang berat ini terjadi karena Anda sering menaiki motor di jalan macet. Jadi jika sudah merasakan kondisi ini, Anda harus menggantinya dengan oli yang baru.

Penyebabnya bisa karena Anda sering melewati jalanan yang macet atau motor selalu dipaksa dalam kecepatan yang tinggi. Kedua hal tersebut juga akan menjadikan oli motor Anda terasa panas.

Jangan sampai Anda membiarkan hal tersebut terlalu lama, karena akan menyebabkan kinerja motor menjadi berkurang. Alangkah baiknya untuk segera mengganti oli motor sebelum terlambat.

Sering Melewati Jalanan Menanjak
Ganti oli motor matic dapat Anda lakukan ketika kendaraan sering dibawa melewati tanjakan. Pasalnya, jalanan menanjak bisa membuat oli di kendaraan menjadi cepat panas karena dipaksa untuk di gas terus.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika sudah sering dibawa ke jalanan menanjak, langsung diganti yang baru.

Anda memang harus memperhatikan hal yang satu ini. Jika sudah berulang kali dibawa di jalanan menanjak, langsung bawa motor Anda ke bengkel untuk ganti oli.

Berita dengan kategori