Harlah ke-95 NU, Jokowi Bahas Toleransi Gerakan Melawan Terorisme   

Harlah ke-95 NU, Jokowi Bahas Toleransi Gerakan Melawan Terorisme   

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengapresiasi Nahdlatul Ulama (NU) yang berperan...

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengapresiasi Nahdlatul Ulama (NU) yang berperan serta dalam melawan segala bentuk radikalisme dan terorisme dan menggerakkan semangat nasionalisme dan toleransi di Tanah Air. Pesan tersebut disampaikan Jokowi bertepatan dengan peringatan hari lahir (harlah) NU ke-95.

"Di usia 95 tahun, Nahdlatul Ulama tetap berperan besar mencerdaskan kehidupan bangsa, menggerakkan semangat nasionalisme dan semangat toleransi, serta melawan segala bentuk radikalisme dan terorisme. Selamat ulang tahun Nahdlatul Ulama," tulis Jokowi di akun Twitternya, @jokowi, pada Minggu (31/1/2021).

1. Jokowi bangga santri telah menggerakkan ekonomi umat

Harlah ke-95 NU, Jokowi Bahas Toleransi Gerakan Melawan Terorisme   Ilustrasi santri di pondok pesantren. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Dalam peringatan Harlah ke-95 NU yang diselenggarakan virtual, Sabtu (30/1/2021) malam, Jokowi memberikan pidato sambutan. Ia mengaku bangga dengan para santri NU yang turut menggerakkan ekonomi umat.

"Saya bangga menyaksikan para Nahdliyin muda dan para santri berperan aktif dalam pemberdayaan ekonomi umat yang bebasis pesantren," ujar Jokowi seperti yang ditayangkan channel YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (30/1/2021).

Jokowi mengaku selalu optimistis terhadap para santri saat mengunjungi pesantren-pesantren. Sebab, menurutnya santri tidak hanya memahami ilmu agama, tetapi juga wirausaha.

2. Santri dinilai miliki peran strategis di era revolusi industri 4.0

Harlah ke-95 NU, Jokowi Bahas Toleransi Gerakan Melawan Terorisme   Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Kayu Agung-Palembang, Ogan Ilir pada Selasa (26/1/2021) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi juga menilai saat ini para santri sudah melek digital. Hal tersebut menjadikan santri bersama kiai memiliki peran strategis bersama pemangku kepentingan di era revolusi industri 4.0.

"Mari kita dukung terus Nahdlatul Ulama agar bergerak dan terus berkontribusi untuk memperkuat kehidupan bangsa Indonesia dan memajukan peradaban dunia, dengan spirit Islam nusantara yang rahmatan lil alamin," ucap Jokowi.

3. PBNU siap menyukseskan vaksinasi COVID-19

Harlah ke-95 NU, Jokowi Bahas Toleransi Gerakan Melawan Terorisme   Ketua PBNU Kiai Said Aqil Siradj saat ditemui di Mapolda Jatim, Jumat (6/3). IDN Times/Fitria Madia

Sementara itu, Ketum PBNU Said Aqil Siroj menyampaikan tiga pesan dalam acara Harlah ke-95 NU. Ketiganya adalah soal kontekstualisasi ajaran kitab kuning, soliditas organisasi, dan menyukseskan vaksinasi COVID-19.

Vaksinasi, ia mengingatkan, merupakan salah satu upaya dalam menangani pandemik virus corona yang belum selesai. Selain, ia menerangkan dengan menegakkan protokol kesehatan seperti 3M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

“Karena vaksin itu salah satu hal yang mampu menjaga dan menumbuhkan kekebalan tubuh kita untuk menolak bahayanya virus corona ini,” terang Said, dikutip dari laman NU, nu.or.id.

Berita dengan kategori