Hari Pramuka, Memahami Makna Praja Muda Karana...

Hari Pramuka, Memahami Makna Praja Muda Karana...

Terbaiknews - KOMPAS.com - Hari Pramuka. Hari iniJumat (14/8/2020)kita memperingati Hari Pramuka.Pramukan,...

KOMPAS.com - Hari Pramuka. Hari ini, Jumat (14/8/2020), kita memperingati Hari Pramuka.

Pramukan, gerakan kepanduan Indonesia itu menjadi salah satu kegiatan di lembaga pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Kegiatan-kegiatannya melatih kreativitas dan kedisiplinan. Pramuka atau Praja Muda Karana. Apa makna Praja Muda Karana?

Sebelum membahas itu, perlu diketahui bahwa gerakan kepanduan sudah ada jauh sebelum kemerdekaan Indonesia. Bapak Pramuka Dunia Baden Powell menyebarkannya ke seluruh dunia dan masuk ke Indonesia sekitar 1992.

MenutipHarian Kompas, Rabu (14/8/1991), gerakan kepanduan saat itu dibawa oleh bangsa Belanda dan hanya berlaku untuk orang Belanda.

Meski demikian, para pemimpin gerakan politik di Indonesia melihat banyak manfaat positif dari organisasi kepanduan ini, salah satunya sebagai tempat pengkaderan.

Kemudian muncullah sejumlah organisasi kepanduan serupa seperti Jong Java Padvenderij (JJP), Hizbul Wathon, Sarekat Islam Afdeling Padvenderij (SIAP) ataupun Surya Wirawan.

Sampai akhirnya sesudah revolusi kemerdekaan tercatat sekitar 71 organisasi kepanduan dengan aneka latar belakang.

Melihat perkembangan itu, Presiden pertama RI, Soekarno membuat konsep untuk menyatukan organisasi-organisasi itu pada 9 Maret 1961.

Melalui panitia penyelenggara yang terdiri dari Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Mendikbud Dr Prijono, Menteri Dr Azis Saleh, dan Menteri Achmadi, lahirlah Gerakan Pramuka (Praja Muda Karana) yang disahkan dengan Keputusan Presiden No 238 tanggal 20 Mei 1961.