Hari Kanker Sedunia dan Sejarah Peringatannya

Hari Kanker Sedunia dan Sejarah Peringatannya

Terbaiknews - KOMPAS.com - Setiap 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Tujuan peringatan Hari...

KOMPAS.com - Setiap 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Tujuan peringatan Hari Kanker Sedunia adalah untuk menyelamatkan jutaan kematian yang dapat dicegah setiap tahun dengan meningkatkan kesadaran dan pendidikan tentang kanker.

Peringatan Hari Kanker Sedunia juga untuk menekan pemerintah dan individu di seluruh dunia agar mengambil tindakan melawan penyakit tersebut.

Melansir laman World Cancer Day, Hari Kanker Sedunia merupakan inisiatif pemersatu global yang dipimpin oleh Union for International Cancer Control (UICC).

UICC adalah organisasi kanker internasional terbesar dan tertua yang berdedikasi untuk memimpin dalam pertemuan, pengembangan kapasitas, dan inisiatif advokasi yang menyatukan komunitas kanker untuk mengurangi beban kanker global.

Organisasi itu juga mempromosikan kesetaraan yang lebih besar, dan mengintegrasikan pengendalian kanker ke dalam agenda kesehatan dan pembangunan dunia.

Hari Ini dalam Sejarah: Telenovela Marimar Tayang Perdana

Sejarah Hari Kanker Sedunia

Hari Kanker Sedunia dibuat pada 4 Februari 2000 pada acara World Summit Against Cancer for the New Millennium di Paris.

Piagam Paris bertujuan untuk mempromosikan penelitian, mencegah kanker, meningkatkan layanan pasien, meningkatkan kesadaran dan memobilisasi komunitas global untuk membuat kemajuan melawan kanker, dan termasuk penerapan Hari Kanker Dunia.

Sejak saat itu, Hari Kanker Dunia tumbuh menjadi gerakan positif bagi semua orang untuk bersatu dalam satu suara menghadapi salah satu tantangan terbesar dalam sejarah.

Setiap tahunnya, Hari Kanker memiliki tema.

Masih dari laman World Cancer Day, tema Hari Kanker Dunia 2021 adalah 'I Am and I Will'. Ini tentang Anda dan komitmen Anda untuk bertindak.

Berita dengan kategori