Hari Ini dalam Sejarah: Thomas Alva Edison Temukan Fonograf

Hari Ini dalam Sejarah: Thomas Alva Edison Temukan Fonograf

Terbaiknews - KOMPAS.com - Hari ini 143 tahun lalutepatnya 21 November 1877Thomas Alva Edison mengumumkan...

KOMPAS.com - Hari ini 143 tahun lalu, tepatnya 21 November 1877, Thomas Alva Edison mengumumkan penemuannya yaitu fonograf, mesin pertama yang bisa menyimpan dan memainkan musik.

Dilansir Smithsonian Magazine, sebelum fonograf ditemukan, industri musik sangat jauh berbeda dengan saat ini. Orang-orang tidak bisa mendengarkan lagu kecuali secara live.

Saat awal dibuat, Edison membayangkan berbagai macam penggunaan fonograf, seperti untuk bisnis, untuk membuat boneka berbicara, atau untuk merekam kata-kata terakhir dari orang yang sekarat. Namun secara tidak sengaja dia justru menemukan mesin perekam.

Fonograf awal memiliki ketepatan suara yang buruk. Saat itu mikrofon juga belum ditemukan.

Akan tetapi penemuan fonograf mengubah cara orang mendengarkan musik. Itu adalah awal dari mendengarkan "sesuai permintaan", yaitu mendengarkan musik yang Anda inginkan, kapan pun Anda menginginkannya.

Orang-orang mulai mendefinisikan diri mereka sendiri berdasarkan genre mereka. Ada penyuka blues, pendengar opera, dan sebagainya.

NASA Ungkap Penemuan Air di Permukaan Bulan, Apa Artinya?

Dikutip History, Edison menemukan fonograf secara tidak sengaja saat mengerjakan penelitian mencari cara merekam komunikasi telepon di laboratoriumnya di Menlo Park, New Jersey.

Karyanya membawanya untuk bereksperimen dengan stylus pada silinder kertas timah.

Secara mengejutkan itu dapat memainkan kembali lagu pendek yang dia rekam berjudul "Mary had a little lamb". Karena penemuannya itu dia dijuluki “Wizard of Menlo Park.”

Meski kualitas suaranya terbatas dan hanya dapat diputar beberapa kali, fonograf menjadikan nama Edison populer.