Gegara 1 Kasus Baru Covid, Australia Barat Langsung Lockdown!

Gegara 1 Kasus Baru Covid, Australia Barat Langsung Lockdown!

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Australia Barat memberlakukanÂlockdown pada beberapa wilayah selama...

Jakarta, CNBC Indonesia - Australia Barat memberlakukanÂlockdown pada beberapa wilayah selama lima hari ke depan. Perdana Menteri Australia Barat Mark McGowan mengumumkan jika lockdown diberlakukan pada wilayah metropolitan Perth, wilayah Peel, dan wilayah South West.
Tindakan drastis itu dilakukan setelah seorang pria berusia 20 tahunan, yang bekerja sebagai penjaga keamanan di Sheraton Four Points, fasilitas karantina hotel, dinyatakan positif mengidap virus corona baru penyebab Covid-19.
Dari empat kasus aktif di hotel saat pria itu sedang dalam shift, dua membawa strain corona Inggris dan satu strain Afrika Selatan, yang diyakini lebih menular daripada varian lain.
"Kami diberitahu bahwa penjaga itu bekerja di lantai yang sama, sebagai kasus varian positif Inggris," kata McGowan, dikutip dari CNN International pada Senin (1/2/2021).
McGowan menambahkan pria itu telah bekerja dua shift 12 jam pada 26 dan 27 Januari. Ada kemungkinan dia tertular strain Inggris, meskipun dia mengatakan "bagaimana tepatnya infeksi itu didapat masih dalam penyelidikan."
Pejabat meminta semua orang yang mengunjungi daftar tempat tertentu pada tanggal tertentu untuk diuji. Semua kontak dekat pria tersebut harus dikarantina selama 14 hari.
"Ini adalah situasi yang sangat serius dan kita masing-masing harus melakukan semua yang kita bisa secara pribadi untuk membantu menghentikan penyebaran di masyarakat," ujar McGowan.


"Warga Australia Barat telah melakukannya dengan sangat baik untuk waktu yang lama, tetapi minggu ini sangat penting bagi kami untuk tinggal di rumah, menjaga jarak fisik dan kebersihan pribadi, dan diuji jika Anda memiliki gejala."
Saat aturan lockdown diberlakukan, penduduk hanya dapat meninggalkan rumah mereka untuk belanja kebutuhan dasar, kebutuhan medis, olahraga, dan untuk pekerjaan yang tidak bisa dilakukan di rumah atau dari jarak jauh.
Sementara sekolah, sebagian besar bisnis, tempat hiburan, dan tempat ibadah tutup. Restoran dibatasi hanya untuk dibawa pulang.
Wilayah metropolitan Perth, wilayah Peel dan South West memiliki populasi gabungan lebih dari 2 juta orang, dengan sebagian besar tinggal di ibu kota negara bagian Perth.
Dengan populasi sekitar 2,76 juta, Australia Barat telah mencatat 902 kasus Covid-19 sejak pandemi dimulai, meskipun saat ini hanya memiliki 12 kasus aktif, menurut departemen kesehatan negara bagian.
Lebih dari 800 kasus yang dikonfirmasi di negara bagian itu ada di antara para pelancong internasional dan orang-orang yang tiba dengan kapal pesiar atau kapal lain, dengan total kurang dari 100 kasus yang ditularkan secara lokal.
Australia telah mencatat total 28.811 kasus, dengan 909 kematian, sebagian besar terjadi di negara bagian tenggara Victoria dan New South Wales. Negara ini telah menunjukkan keberhasilan dalam mengendalikan Covid-19 melalui lockdown yang ketat dan kontrol perbatasan yang ketat, dengan semua pengunjung internasional diharuskan menjalani pengujian dan karantina.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

Berita dengan kategori