Ganjar Tawarkan Gerakan Jateng di Rumah Saja untuk Kurangi Covid-19

Ganjar Tawarkan Gerakan Jateng di Rumah Saja untuk Kurangi Covid-19

Terbaiknews - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Humas Pemprov Jateng/Antara)

–Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menawarkan Gerakan Jateng di Rumah Saja selama dua hari sebagai upaya mengurangi angka kasus Covid-19. Usul itu disampaikan saat Rapat Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di kantor Gubernur Jateng, Semarang, Senin (1/2).

Ganjar menjelaskan, langkah tersebut layak dicoba mengingat peningkatan kasus Covid-19 tetap terjadi meskipun sejumlah kebijakan telah dilakukan. Bahkan, akibat pandemi Covid-19 sudah banyak orang meninggal dunia, termasuk tenaga kesehatan, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lainnya.

”Saya ingin mengusulkan, bisa tidak masyarakat menahan diri di rumah secara serentak. Namanya Jateng di Rumah Saja. Kebijakan ini sedang kita siapkan, syukur-syukur weekend ini kita di rumah saja semuanya. Jadi, saya ingin melihat Jawa Tengah sepi, minimal dua hari saja,” ujar Ganjar seperti dilansir dari Antara.

Orang nomor satu di Jateng itu menegaskan, usul tersebut bukan untuk menakut-nakuti masyarakat, melainkan untuk membangun kesadaran bahwa Covid-19 memang benar-benar berbahaya.

”Apakah kita tidak bisa membangun kesadaran itu. Kalau dua hari saja kita menjaga dan menahan diri untuk tidak keluar rumah, nanti bisa dilihat apakah ini bisa efektif,” terang Ganjar.

Ganjar menjelaskan, Gerakan Jateng di Rumah Saja bisa mengurangi mobilitas masyarakat di luar rumah dan usul itu telah disampaikan kepada seluruh bupati/wali kota dan minta ditindaklanjuti.

”Intinya ya di rumah saja, jadi kita coba menahan diri dua hari saja, mungkin apa tidak. Anggap saja seperti camping di rumah, tidak keluar. Dengan cara itu, potensi terjadinya kerumunan pasti tidak terjadi, juga aktivitas yang menimbulkan keramaian juga pasti tidak ada. Dengan cara itu, kita bisa menyetop penyebaran Covid-19,” ujar Ganjar.

Kendati demikian, persiapan dan kajian mendalam akan dilakukan terkait dengan Gerakan Jateng di Rumah Saja, termasuk mengukur apakah penerapan kebijakan itu bisa efektif.

”Untuk kapan pelaksanaannya, nanti kami rapatkan. Tadi saya minta Pak Sekda bicara dengan seluruh kabupaten/kota untuk disiapkan dan disosialisasikan pada masyarakat,” kata Ganjar.

Saksikan video menarik berikut ini:

Berita dengan kategori