Finis Peringkat 3, Tunggal 17 Tahun Berambisi Jadi Juara Dunia Junior

Finis Peringkat 3, Tunggal 17 Tahun Berambisi Jadi Juara Dunia Junior

Terbaiknews - JawaPos.com-Para pelatih tunggal putri pelatnas Cipayung patut bersenang hati. Sebabmereka...

JawaPos.com-Para pelatih tunggal putri pelatnas Cipayung patut bersenang hati. Sebab, mereka mendapatkan banyak kejutan dalam PBSI Home Tournament yang berakhir kemarin (24/7).

Di antara empat semifinalis, hanya satu yang masuk jajaran empat besar pemain terbaik tanah air. Sisanya adalah pemain junior. Yakni, Putri Kusuma Wardani, Asti Dwi Widyaningrum, dan Saifi Rizka Nur Hidayah.

Di antara tiga nama baru itu, Saifi paling tidak dikenal. Namun, dia sukses merebut peringkat ketiga. Saifi menaklukkan Asti dalam perebutan tempat ketiga dengan skor 16-21, 21-11, 21-14.

”Kuncinya memang di game kedua. Saya mengubah pola main dan jadi lebih agresif. Kalau di game pertama, saya lebih banyak terbawa irama permainan lawan,” papar Saifi seusai pertandingan melawan Asti kemarin.

Pemain yang berusia 17 tahun dan tanpa ranking dunia itu tak menyangka hasil yang diraihnya. Sebab, lawan yang dihadapi praktis memiliki pengalaman yang cukup mumpuni. Apalagi, dia belum lama bergabung di pelatnas. Awalnya, lolos dari fase grup pun dia tidak berani membayangkan.

Saifi bergabung di grup O bersama unggulan ketiga Ruselli Hartawan, anggota skuad Indonesia di Kejuaraan Dunia Junior 2019 Stephanie Widjaja, dan sesama pemain junior Tasya Farahnailah.

Tentu yang diunggulkan untuk lolos ke perempat final adalah Ruselli dan Stephanie. Namun, Saifi sukses menjungkalkan Stephanie dua game langsung 23-21, 21-16.

Lalu, di delapan besar, giliran Komang Ayu Cahya Dewi, yang peringkat juniornya juga lebih tinggi (25 berbanding 30), takluk. Kemenangan di hari perdana turnamen itu menjadi momentum baginya. ”Saya begitu menikmati setiap pertandingan. Targetnya hanya main bagus,” ungkap fans berat bintang Taiwan Tai Tzu-ying tersebut.

Karena mindset yang diprogram itu, Saifi merasa bermain tanpa beban. Dia tidak memikirkan menang atau kalah. ”Saya merasa bisa main lepas di home tournament ini,” ujarnya.

Hasil itu begitu memotivasi dia untuk terus menunjukkan penampilan terbaik. ”Selanjutnya, saya berharap bisa ikut WJC (World Junior Championships, Red) tahun depan dan ingin (jadi) juara,” harapnya.

Saifi Rizka Nur Hidayah Sepanjang Home Tournament

vs Stephanie Widjaja Menang (23-21, 21-16)
vs Ruselli Hartawan Kalah (17-21, 15-21)
vs Tasya Farahnailah Menang (21-18, 21-12)

Perempat Final:
vs Komang Ayu Cahya Dewi Menang (21-14, 20-22, 21-14)

Semifinal:
Gregoria Mariska Tunjung Kalah (16-21, 13-21)

Perebutan Tempat Ketiga:
Asti Dwi Widyaningrum Menang (16-21, 21-11, 21-14)