Epidemiolog Pandu Riono Kritik PPKM Mikro: Kok Makin Longgar?

Epidemiolog Pandu Riono Kritik PPKM Mikro: Kok Makin Longgar?

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Epidemiolog dari Universitas Indonesia Pandu Riono mempertanyakan...

Jakarta, CNBC Indonesia - Epidemiolog dari Universitas Indonesia Pandu Riono mempertanyakan kebijakan pemberlakuanÂPembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro yang akan dimulai pada Selasa (9/2/2021). Menurut dia, kebijakan itu menunjukkan ketidakjelasan pemerintah dalam penanganan Covid-19.
"Nggak jelas maunya apa. Nggak, bingung aja ini apa, ini pengetatan, ini pembatasan atau apa? Kok makin longgar dilonggarkan kegiatan-kegiatan publik?," ujar Pandu kepada CNBC Indonesia di Jakarta, Senin (8/2/2021).
Salah satu sorotan Pandu adalah mal yang kembali diperbolehkan untuk beroperasi hingga 21.00 malam.

"Bingung, katanya diperpanjang, dilonggarkan. Enggak usah ada," katanya.



Lalu, apa yang harus dilakukan pemerintah? Pandu menyebut pemerintah harus tegas dalam mendefinisikan 'pembatasan' itu sendiri.
"Katanya mau pakai pembatasan, pembatasannya gimana? Saya juga bingung pembatasan pemerintah itu apa, gituloh. Apakah nggak boleh pergi, apakah nggak boleh ngantor, apakah nggak boleh ke mall," ujar Pandu.
"Malah lucu ada yang bilang lockdown di akhir pekan, kalau akhir pekan di rumah saja. Disangkanya virus itu hanya bergerak di akhir pekan. Ini udah agak nggak pakai rasional lagi. Sudah tidak tahu apa yang mau dibatasi, tidak jelas apa yang mau dicapai, tidak dimonitoring dan juga tidak dievaluasi. Menurut saya nggak usah ada," lanjutnya.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

Berita dengan kategori